Technology

5 Langkah Mudah Mengatasi Memory Usage 100% di Windows 10

Pengaturan yang Dapat Membantu Mengurangi Memory Usage 100% di Windows 10

Memory usage 100% adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna komputer. Hal ini dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat dan terkadang menyebabkan komputer menjadi tidak responsif. Jika Agan mengalami masalah ini, jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi memory usage 100% di Windows 10. Dalam artikel ini, ilmusolusi.com akan memberikan 5 langkah mudah yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Cari Dan Close Program Yang Menggunakan Banyak Memory

5 Langkah Mudah Mengatasi Memory Usage 100% di Windows 10Cari dan Close program yang menggunakan banyak memory adalah langkah pertama yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi memory usage 100% di Windows 10. Untuk melakukan ini, Agan dapat menggunakan Task Manager. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard Agan.
  2. Pilih “Task Manager” dari menu yang muncul.
  3. Pilih tab “Performance” di Task Manager.
  4. Lihat kolom “Memory” di bagian kanan jendela. Ini akan menunjukkan program-program yang menggunakan banyak memory.
  5. Klik kanan pada program yang memakan memory terlalu banyak dan pilih “End task” untuk menutup program tersebut.

Pastikan untuk tidak menutup program yang diperlukan oleh sistem atau program yang Agan butuhkan. Jika Agan tidak yakin, Agan dapat mengecek deskripsi program di bagian bawah jendela Task Manager untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh program tersebut. Setelah menutup program yang tidak diperlukan, Agan dapat memeriksa apakah memory usage telah turun. Jika masalah memory usage 100% masih terjadi, Agan dapat mencoba langkah selanjutnya.

2. Gunakan Alat Pembersih Sistem Untuk Menghapus File-file Sampah Pada Windows

Gunakan Alat Pembersih Sistem Untuk Menghapus File-file Sampah Pada WindowsGunakan alat pembersih sistem untuk menghapus file-file sampah adalah langkah kedua yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi memory usage 100% pada Windows 10. File-file sampah dapat menyebabkan sistem menjadi lambat dan membebani memory. Dengan menghapus file-file sampah, Agan dapat membebaskan memory yang terpakai dan meningkatkan kinerja komputer.

Untuk menghapus file-file sampah, Agan dapat menggunakan alat pembersih sistem seperti CleanMyPC. CleanMyPC adalah sebuah alat yang dapat membantu Agan membersihkan file-file sampah yang tidak diperlukan seperti cache, log, dan file-file yang terhapus secara tidak sengaja. Agan dapat mengunduh dan menjalankan CleanMyPC dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs resmi CleanMyPC dan klik tombol “Download” untuk mengunduh alat tersebut.
  2. Setelah proses unduhan selesai, klik file yang diunduh untuk memulai proses instalasi.
  3. Ikuti instruksi-instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.
  4. Setelah instalasi selesai, buka CleanMyPC.
  5. Klik tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian file-file sampah.
  6. Setelah proses pemindaian selesai, Agan akan diberikan daftar file-file sampah yang ditemukan. Pilih file-file yang ingin Agan hapus dan klik tombol “Clean” untuk menghapus file-file tersebut.

Setelah menghapus file-file sampah, Agan dapat memeriksa apakah memory usage telah turun. Jika masalah memory usage 100% masih terjadi, Agan dapat mencoba langkah selanjutnya.

Software Pembersih Sampah Terbaik Untuk Windows

Ada beberapa software pembersih sampah yang dapat digunakan untuk membersihkan file-file sampah pada komputer. Beberapa software pembersih sampah terbaik yang dapat Agan coba adalah:

  • Advanced SystemCare: Advanced SystemCare adalah software pembersih sampah yang dapat membersihkan file-file sampah seperti cache, log, dan file-file yang terhapus secara tidak sengaja. Software ini juga dapat membersihkan registry dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Selain itu, Advanced SystemCare juga menyediakan fitur-fitur lain yang dapat membantu meningkatkan kinerja komputer seperti optimasi sistem, pembersihan privasi, dan perlindungan terhadap virus dan malware.
  • CCleaner: CCleaner adalah software pembersih sampah yang populer dan efektif. Software ini dapat membersihkan file-file sampah seperti cache, log, dan file-file yang terhapus secara tidak sengaja. CCleaner juga dapat membersihkan registry dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan.
  • CleanMyPC: CleanMyPC adalah software pembersih sampah yang dapat membersihkan file-file sampah seperti cache, log, dan file-file yang terhapus secara tidak sengaja. Software ini juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan dan membersihkan registry.
  • Glary Utilities: Glary Utilities adalah software pembersih sampah yang dapat membersihkan file-file sampah seperti cache, log, dan file-file yang terhapus secara tidak sengaja. Software ini juga dapat membersihkan registry dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan.
  • Avast Cleanup: Avast Cleanup adalah software pembersih sampah yang dapat membersihkan file-file sampah seperti cache, log, dan file-file yang terhapus secara tidak sengaja. Software ini juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan dan membersihkan registry.

Semua software pembersih sampah tersebut dapat membantu Agan meningkatkan kinerja komputer dengan menghapus file-file sampah yang tidak diperlukan. Pastikan untuk membaca peringatan dan instruksi dengan hati-hati sebelum menggunakan software pembersih sampah untuk menghindari risiko kerusakan pada sistem.

3. Atur Ulang Pengaturan Memori Virtual

Atur ulang pengaturan memori virtual adalah langkah ketiga yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi memory usage 100% pada Windows 10. Memori virtual adalah ruang penyimpanan sementara yang disediakan oleh komputer untuk menampung data yang tidak dapat ditampung oleh memori RAM. Jika memori RAM penuh, komputer dapat menggunakan memori virtual untuk menyimpan data yang tidak dapat ditampung oleh memori RAM. Namun, jika memori virtual juga penuh, komputer dapat mengalami masalah kinerja. Dengan mengatur ulang pengaturan memori virtual, Agan dapat meningkatkan kinerja komputer dengan cara menambah ruang penyimpanan sementara yang tersedia.

Untuk mengatur ulang pengaturan memori virtual, Agan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel, kemudian pilih “System and Security“.
  2. Pilih “System“, kemudian klik tombol “Advanced system settings” di sebelah kiri jendela.
  3. Pilih tab “Advanced” dan klik tombol “Settings” di bawah bagian “Performance“.
  4. Pilih tab “Advanced” dan klik tombol “Change” di bawah bagian “Virtual memory“.
  5. Pilih drive yang ingin Agan atur ulang pengaturan memori virtualnya, kemudian klik tombol “Custom size” dan masukkan nilai yang Agan inginkan untuk “Initial size” dan “Maximum size“.
    Klik tombol “Set” dan kemudian klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Atur Ulang Pengaturan Memori VirtualSetelah mengatur ulang pengaturan memori virtual, Agan dapat memeriksa apakah memory usage telah turun. Jika masalah memory usage 100% masih terjadi, Agan dapat mencoba langkah selanjutnya.

4. Hapus File-file Yang Tidak Diperlukan

Hapus file-file yang tidak diperlukan adalah langkah keempat yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi memory usage 100% pada Windows 10. File-file yang tidak diperlukan dapat menyebabkan sistem menjadi lambat dan membebani memory. Dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan, Agan dapat membebaskan memory yang terpakai dan meningkatkan kinerja komputer.

Untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan, Agan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “My Computer” atau “This PC“.
  2. Pilih drive yang ingin Agan bersihkan, kemudian klik kanan dan pilih “Properties“.
  3. Pilih tab “General” dan klik tombol “Disk Cleanup“.
  4. Pilih file-file yang ingin Agan hapus dan klik tombol “OK“.
  5. Agan juga dapat menggunakan software pembersih sampah seperti CCleaner atau CleanMyPC untuk membantu menghapus file-file yang tidak diperlukan. Software pembersih sampah dapat memindai sistem dan menemukan file-file sampah yang dapat dihapus, sehingga Agan tidak perlu mencari file-file tersebut secara manual.

5 Langkah Mudah Mengatasi Memory Usage 100% di Windows 10Setelah menghapus file-file yang tidak diperlukan, Agan dapat memeriksa apakah memory usage telah turun. Jika masalah memory usage 100% masih terjadi, Agan dapat mencoba langkah selanjutnya.

5. Periksa Apakah Ada Masalah Dengan Hardware

Periksa apakah ada masalah dengan hardware adalah langkah terakhir yang dapat Agan ikuti untuk mengatasi memory usage 100% pada Windows 10. Meskipun jarang terjadi, masalah memory usage 100% dapat disebabkan oleh masalah dengan hardware komputer seperti memori RAM yang rusak atau kartu grafis yang tidak berfungsi dengan baik. Jika langkah-langkah sebelumnya tidak membantu mengatasi masalah memory usage 100%, Agan dapat memeriksa apakah ada masalah dengan hardware komputer Agan.

Untuk memeriksa apakah ada masalah dengan hardware, Agan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada “Menu Windows
  2. Pilih tab “Device Manager“.
  3. Pilih device yang ingin Agan periksa, kemudian klik kanan dan pilih “Properties“.
  4. Pilih tab “General” dan lihat informasi di bagian “Device status“. Jika ada masalah dengan device tersebut, Agan akan melihat pesan error di bagian ini.

5 Langkah Mudah Mengatasi Memory Usage 100% di Windows 10Jika Agan menemukan adanya masalah dengan hardware, Agan dapat mencoba beberapa langkah untuk mengatasinya. Beberapa langkah yang dapat Agan coba adalah:

  • Perbarui driver: Jika Agan menemukan masalah dengan driver device, Agan dapat mencoba memperbarui driver tersebut. Agan dapat mencari dan mengunduh driver terbaru dari situs resmi produsen device atau menggunakan software seperti Driver Easy untuk memperbarui driver secara otomatis.
  • Memeriksa koneksi: Pastikan koneksi device dengan motherboard komputer terpasang dengan benar. Jika koneksi tidak terpasang dengan benar, device tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.
  • Mengganti device: Jika langkah-langkah di atas tidak membantu mengatasi masalah, Agan mungkin perlu mengganti device yang rusak dengan yang baru. Pastikan untuk membeli device yang sesuai dengan spesifikasi komputer Agan.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Agan dapat memeriksa apakah memory usage telah turun. Jika masalah memory usage 100% masih terjadi, Agan dapat mencoba menghubungi produsen komputer atau teknisi komputer untuk meminta bantuan lebih lanjut.

Cara Mengatasi High CPU And Memory Usage Di Windows 10

Jika 5 langkah mudah yang telah ilmusolusi.com sampaikan di atas belum dapat mengatasi masalah memory usage 100% pada Windows 10 milik Agan, mungkin ada cara lain yang dapat membantu. Salah satunya adalah dengan mengikuti video tutorial dibawah ini. Agan dapat menonton dan praktek sesuai video tutorial cara mengatasi high CPU and memory usage di Windows 10 dibawah ini:

Terima kasih telah berkunjung ke website ilmusolusi.com dan membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu Agan mengatasi masalah memory usage 100% pada Windows 10 milik Agan. Jika Agan memiliki pertanyaan atau masalah lain yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk menghubungi ilmusolusi.com. Kami akan senang hati untuk membantu Agan.

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!