Adobe Illustrator

Belajar Dasar Adobe Illustrator Untuk Pemula

Tutorial Dasar Adobe Illustrator Untuk Pemula

Belajar Dasar Adobe Illustrator Untuk Pemula | Siapa pun yang memiliki minat dan bakat di dunia desain gambar, pastilah sudah mengenal aplikasi Adobe Illustrator. Adobe illustrator adalah salah satu aplikasi software terkenal dalam bidang gambar, yang menghasilkan gambar dalam bentuk vektor. Apabila Anda saat ini masih tergolong dalam kategori sebagai seorang pemula, maka alangkah sangat baiknya jika anda segera belajar dasar adobe illustrator, khususnya melalui artikel ini.

Software Adobe illustrator hingga saat ini sudah banyak digunakan banyak kalangan untuk membuat berbagai bentuk ilustrasi dan vector, misalnya vektor wajah, gambar dan desain logo, gambar interface aplikasi game, gambar web desain, dan masih sangat banyak lagi penggunaannya dalam bidang yang lainnya. Software adobe illustrator yang satu ini hingga saat ini juga terbilang cukup populer, dan bahkan sudah cukup banyak digunakan di Indonesia, terlebih lagi di luar negeri.

Belajar Dasar Adobe Illustrator

Langkah pertama sebagai awal yang perlu anda lakukan saat anda ingin belajar Adobe Illustrator yaitu mempelajari fungsi dan cara menggunakan toolsnya. Hal ini karena pada software adobe illustrator ini terdapat sangat banyak sekali tools, yang semuanya bisa anda gunakan untuk pelengkap berbagai keperluan desain gambar anda.

Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai fungsi tools adobe illustrator dan juga penjelasan singkat mengenai penggunaannya, yaitu:

1. Belajar Tools Shape Adobe Illustrator

BELAJAR SHAPE Adobe Illustrator
BELAJAR SHAPE Adobe Illustrator

Pada Saat anda ingin membuat sebuah karya gambar atau desain pada software Adobe Illustrator, maka akan sangat penting dan juga membantu jika Anda pandai menggambar. Pada software ini, anda tidak perlu lagi menggambar secara manual, naum anda hanya perlu untuk memanfaatkan dan memadukan berbagai fungsi tools yang sudah disediakan. Salah satu Tools yang paling dasar dan penting untuk anda pelajari adalah tools shape untuk menggambar berbagai bentuk, misalnya persegi, bentuk segitiga, dan juga lingkaran.

Dengan anda menggunakan tools Shape, maka Anda akan dapat membuat berbagai model gambar, dan bentuk desain seperti desain pemandangan, vector karakter, atau pun bentuk model desain yang lainnya. Sebagai seorang pemula, mulailah belajar dengan membuat berbagai bentuk, yaitu bentuk persegi, model segitiga, kemudian juga lingkaran. Lalu, anda bisa lanjut dengan belajar mendesain beberapa bentuk sesuai keperluan anda.

2. Belajar Tools Pen Tool Adobe illustrator

Belajar Tools Pen Tool Adobe illustrator
Belajar Tools Pen Tool Adobe illustrator

Agar fitur Shape dapat anda gunakan secara lebih maksimal, maka Anda akan memerlukan yang namanya fitur Pen Tool. Pen (polpen virtual) yang ada dalam tool ini nantinya akan dapat anda gunakan untuk belajar membuat berbagai model bentuk dan desain yang tidak bisa dibuat oleh fitur Shape. Pen tools memiliki kegunaan dengan polPen biasa –namun dalam model virtual seperti mouse- untuk menggambar berbagai bentuk model dan desain proyek gambar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Cara menggunakan pen tool pada illustrator Contohnya yaitu saat anda ingin membuat desain sebuah dress, maka Anda perlu menggunakan tool Pen untuk menciptakan desain coraknya, bentuk lekuk dress, model gelombang dress, dan bagian-bagian yang lainnya. Dimana semua bentuk tersebut tidak akan bisa anda buat jika anda hanya mengandalkan pemanfaatan tool Shape saja.

3. Fitur Shape Builder Tool Adobe illustrator

Shape Builder Tool Adobe illustrator
Shape Builder Tool Adobe illustrator

Fitur pada Tool satu ini akan dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah objek baru. Yakni baik dengan cara menggabungkan beberapa objek, serta untuk menghapus garis pemisah dan garis bentuk awal dari gabungan semua objek tersebut. Namun, sebelum anda memakai tools ini, ada baiknya jika anda melakukan seleksi toolsnya terlebih dahulu.

Anda perlu Pastikan bahwa Anda mengetahui bagian manakah dari objek pada desain anda yang ingin anda pisahkan, ataupun yang akan anda bentuk menjadi sebuah objek baru. Salah satu kelebihan fitur Shape Builder Tool yaitu bisa dimanfaatkan untuk mengubah dan menghapus garis bawaan yang ada diantara objek desain anda. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi khawatir jika suatu saat terjadi kesalahan dalam garis desain sebuah gamnbar.

4. Fitur Zoom Out dan Zoom In Adobe illustrator

Zoom Out dan Zoom In Adobe illustrator
Zoom Out dan Zoom In Adobe illustrator

Saat Anda akan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator dalam mendesain sebuah objek, maka akan ada baiknya jika anda memakai shortcut keyboard agar lebih cepat dalam membuat sebuah gambar. Hal ini sangat penting dan sangat disarankan agar hasil pekerjaan anda lebih cepat dan mudah. Salah satu jenis shortcut yang dapat anda gunakan dalam hal ini yaitu fitur Zoom Out dan Zoom In.

Untuk penggunaan fitur Zoom Out, anda dapat menggunakannya untuk memperkecil tampilan objek desain anda. Sementara pada fitur Zoom In, dapat anda gunakan untuk memperbesar tampilan objek desain anda. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan menggunakan tombol shortcut CTRL+Zoom In ataupun CTRL+Zoom Out, agar nantinya proses pembuatan desain gambar anda di software ini bisa dipercepat.

5. Gradient Tool Adobe illustrator

Gradient Tool Adobe illustrator
Gradient Tool Adobe illustrator

Tool gradasi merupakan sebuah tools yang sudah disediakan dalam software Adobe Illustrator, yang di dalamnya terdapat juga tiga jenis fungsi. Setiap jenis fungsinya dapat Anda pilih dan gunakan sesuai kebutuhan pada objek gambar desain anda. Pertama yaitu tools gradasi yang dapat anda hasilkan lewat Gradient Tools. Gradasi pada tools tersebut akan berupa garis linier, serta juga berbentuk gradasi lingkaran.

Selain itu, jenis tools gradasi yang kedua yaitu Mesh Tool, fitur ini berfungsi untuk menggradasikan beberapa warna pada sebuah objek desain. Gradasi tools yang Terakhir yaitu Gradient Panel, sebuah tools gradasi yang juga merupakan panel yang bisa anda gunakan untuk mengatur dan menata warna gradasi gambar anda. Untuk bisa menampilkannya sangat mudah, anda hanya perlu menggunakan tombol shortcut CTRL+F9.

6. Tools Clipping Mask Adobe illustrator

Clipping Mask Adobe illustrator
Clipping Mask Adobe illustrator

Tools yang satu ini akan bisa Anda gunakan untuk menambahkan sebuah objek maupun sebuah gambar lain ke dalam objek desaian anda. Namun, umumnya penggunaan fitur Clipping Mask dipakai untuk keperluan menambahkan sebuah gambar ke dalam sebuah objek ataupun ke dalam desain sebuah teks. Hal itu lalu akan membuat anda lebih mudah untuk bisa menulis di dalam sebuah objek desain.

Tools Clipping Mask sangat cocok untuk para desainer yang butuh untuk menambahkan sebuah objek atau gambar ke dalam desain berbentuk teks. Setelahnya, teks tersebut tentunya akan lebih menarik dan terkesan hidup, karena pada tampilannya sudah ditambahkan objek ataupun gambar penarik.

7. Tools Ungroup dan Group Adobe illustrator

Ungroup dan Group Adobe illustrator
Ungroup dan Group Adobe illustrator

Perlu juga Anda ketahui bahwa dalam software Adobe Illustrator terdapat sejumlah shortcut yang akan bisa anda gunakan untuk membuat sebuah grup untuk beberapa objek. Artinya bahwa dengan anda menggunakan tools shortcut tersebut, beberapa objek bisa anda satukan tanpa perlu lagi mengubah bentuk desain awalnya masing-masingnya.

Untuk bisa menggunakannya, Anda cukup menekan shortcut CTRL+G. Kemudian jika anda ingin melepaskan objek tersebut atau anda ingin Ungroup kembali, maka tombol shortcut yang bisa anda gunakan yaitu dengan tekan CTRL+SHIFT+G. Pastikan bahwa anda menekannya secara bersama-sama.

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
error: Content is protected !!