Adobe Illustrator

Cara Crop di Adobe Illustrator Dengan Mudah

Cara Crop di Adobe Illustrator! Sangat Mudah! Rekomended Untuk Pemula!

Dalam dunia desain, kata crop pastinya tidak asing lagi. Semua aplikasi desain, pasti mempunyai fitur ini. Dan salah satu aplikasi terkenal yang memiliki fitur ini adalah Adobe Illustrator. Namun yang jadi pertanyaan saat ini adalah, apakah semua pengguna tahu cara crop di Adobe Illustrator?

cara crop di Adobe Illustrator
cara crop di Adobe Illustrator

Maka dari pertanyaan itulah, penulis tergerak untuk memberikan informasi tentang cara crop di Adobe Illustrator. Mungkin bagi desainer profesional, hal ini tentu sangat mudah. Tetapi, bagi pemula, informasi ini pastinya sangat membantu.

Cara Crop di Adobe Illustrator! Sangat Mudah! Rekomended Untuk Pemula!

Sebagai tambahan informasi, bahwa Adobe Illustrator tidak kalah dengan saudaranya yakni adobe photoshop. Bukan hanya  untuk crop, tetapi untuk semua fitur di dalamnya. Hanya saja, untuk urusan mengedit foto, maka lebih cocok menggunakan adobe photoshop.

Sedang untuk urusan vektor dan illustrasi, maka adobe illustrator lebih di unggulkan. Namun bukan berarti di dalam adobe illustrator tidak bisa mengedit foto, dan begitu sebaliknya, di adobe photoshop tidak bisa membuat vektor dan ilustrasi, semua kembali kepada kenyamanan pengguna.

Dan tanpa banyak basa basi lagi, karena di pembahasan awal kita akan belajar tentang crop di Adobe Illustrator, maka di bawah ini penulis akan memberikan 2 cara crop, yang bisa kalian gunakan. Silahkan pilih yang sekirannya membuat kalian nyaman menggunakannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Crop menggunakan Pentool

Cara yang pertama ini adalah  dengan menggunakan pen tool. Dengan menggunakan cara ini, kalian bisa dengan detail mengikuti objeck, tidak hanya berbentuk kotak, seperti crop pada foto KTP atau untuk SIM yang sering kalian lihat. Cara lengkapnya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Adobe Illustrator.

2. Buka gambar dengan cara Klik Arsip

-≫ Open -≫ Pilih arsip yang akan di Crop, Ketika sudah menemukan arsip yang akan dibuka, klik tombol Open yang ada di bagian bawah pojok.

3. Klik pentool (P) dan seleksi menggunakan tools tersebut. Lalu sesuaikan dengan jenis gambarnya

4. Pastikan node tetap terhubung mulai dari awal hingga akhir, agar membentuk satu kesatuan.

5. Agar tidak kesulitan, pastikan Fiil sudah dihilangkan, sehingga tidak menutupi objek dan mempersulit proses crop, sisakan saja outlinenya.

6. Langkah terahir, pilih semua object tadi  dari foto sampai hasil  dari pentool tadi, lalu klik kanan pilih-> Make Clipping mask

7. Selesai.

Cara Crop Menggunakan Rectangel Tool (M)

Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama, tetapi yang membedakan adalah, di awal menggunakan pentool, dan yang kedua ini menggunakan Rectangel Tool (M). Untuk cara lengkapnya, ikuti cara berikut.

  1. Buka software adobe Illustrator.

2. Klik Rectangel Tool atau tekan tombol (M) pada keyboard, lalu setting ukurannya, Klik dua kali untuk memunculkan tab Size.

3. Jika sudah, tentukan ukurannya, lalu Select kedua object itu.

4. Klik kanan pada mouse -≫ Pilih Make Clipping mask

5. Selesai.

Dan itulah beberapa Cara Crop di Adobe illustrator, yang dijamin sangat mudah, apalagi untuk pemula. Harapan penulis, informasi ini semoga bisa menolong kalian yang sedang memcari cara  crop di software adobe illustrator. Informasi ini bisa juga kalian jadikan acuan untuk belajar, jika masih sering lupa. Selamat mencoba, dan semoga berhasil. Salam desainer Indonesia.

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!