Home » Adobe Illustrator » Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator

Isamu Akira 23 Sep 2022 9

Adobe Illustrator adalah suatu software buatan perusahaan Adobe. Aplikasi ini mempunyai fungsi menciptakan karya grafis. Seperti logo, ikon, ilustrasi, kemasan product, sampai iklan besar di billboard. Aplikasi ini benar-benar ramah pengguna, sehingga bisa digunakan pemula. Dan bagi pemula, Anda sanggup mencobanya dengan membuat desain bayangan. Dan di artikel ini, penulis akan memberi tips bagaimana Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator.

Nah, untuk Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator, pada dasarnya sangatlah gampang. Anda bisa membuatnya, baik pada tulisan maupun objek yang diinginkan. Caranya adalah dengan memilih objek yang ingin ditambahkan bayangan.

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator

Setelah itu, klik menu Effect, kemudian pilih menu Stylize. Jika sudah, pastikan Anda memilih menu Drop Shadow. Apabila tampilan drop shadow sudah muncul, maka pengguna bisa langsung mengaturnya, sampai bayangan terlihat pada objek yang sudah dipilih sebelumnya. Lebih jelasnya yuk ikuti tipsnya berikut ini:

Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator Yang Sangat Mudah

Menu dan Manfaat Drop Shadow

Dan pada saat ingin mengatur suatu bayangan pada objek, maka Anda akan ditampilkan beberapa pilihan pengaturan. Setiap pengaturan itu mempunyai fungsi yang berbeda. Di bawah ini beberapa menu drop shadow beserta fungsinya, yang bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda:

1. Mode dan Opacity

Pada menu mode ini, Anda bisa mengatur bayangan yang diinginkan pada objek. Di saat mengatur, Anda bisa memilih mode multiply,karena warna bayangan yang dihasilkan nantinya akan menyatu dengan warna objek yang sudah dibuat sebelumnya.
Untuk menu opacity sendiri, pengaturan yang bisa digunakan untuk mengatur taraf transparansi layer atau kepekatan warna pada bayangan. Hal ini penting, apabila semakin kecil angka yang Anda atur, maka semakin pudar pula warna yang akan dihasilkan dari shadow itu.

2. X Offset dan Y Offset

Harus Anda ketahui bahwa X offset merupakan pengaturan arah bayangan secara vertikal. Apabila Anda memasukkan -1 pada pengaturan itu, maka bayangan akan berada pada bagian kiri objek.
Jika Anda memasukkan angka 1 px ke atas, maka arah bayangan akan menuju ke bagian kanan. Sedangkan pada Y offset, apabila Anda memasukkan angka -1 dan seterusnya, maka akan menghasilkan bayangan di bagian atas objek. Berbeda jika memasukkan angka 1 px dan seterusnya, maka bayangan yang dihasilkan berada di bagian bawah objek.

3. Blur

Siapa yang tidak mengenal fungsi dari menu yang satu ini? Sesuai dengan namanya, pasti sudah banyak orang yang tahu. Menu blur ini bisa dipakai untuk mewarnai bayangan pada objek yang diinginkan. Hal ini sangat penting, apabila angka yang dimasukkan semakin tinggi, maka pasti saja akan semakin lebar dan pudar bayangan yang akan dihasilkan nantinya.

4. Color

Setelah beberapa menu di atas, ternyata masih ada menu lainnya yang bisa  Anda atur, saat ingin membuat bayangan pada software Adobe Illustrator, menu ini bernama color. Menu color ini bisa digunakan untuk mengganti warna bayangan yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Apabila sudah mengganti rona sesuai dengan keinginan, maka jangan lupa untuk memberi centang pada bagian preview, supaya nanti bisa tahu seperti apa letak bayangan yang sudah dibuat.

Itulah sedikit penjelsan tentang cara membuat bayangan di adobe Illustrator, beserta menu dan manfaat pada drop shadow. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan memberikan tambahan pengetahuan,khususnya untuk Anda yang masih pemula. Selamat mencoba!

Hallo, nama saya Isamu Akira, seorang penulis di Ilmusolusi.com. Saya memiliki minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, dan senang berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan orang lain melalui tulisan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga tulisan-tulisan saya di Ilmusolusi.com dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca.

Comments are not available at the moment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

*

*

Related post
Membuat Brush Custom di Adobe Illustrator

Isamu Akira

12 Jul 2023

Cara Membuat Brush Custom di Adobe Illustrator – Brush Custom adalah salah satu fitur yang sangat berguna dalam Adobe Illustrator yang memungkinkan Agan untuk menciptakan efek unik dan menambahkan sentuhan kreatif dalam desain grafis Agan. Dengan menggunakan brush Custom, Agan dapat menciptakan berbagai jenis efek seperti garis-garis yang mengalir, tekstur alami, atau bahkan brush khusus …

Cara Rotate Artboard di Adobe Illustrator

Isamu Akira

03 Jul 2023

Adobe Illustrator adalah alat yang keren banget buat para desainer untuk menghidupkan imajinasi kreatif mereka. Nah, salah satu fitur keren di dalamnya adalah kemampuan untuk Rotate (memutar) Artboard, yang bisa bikin desain jadi lebih fleksibel. Nah, dalam artikel ini kita bakal bahas cara Rotate Artboard di Adobe Illustrator dengan langkah-langkah dan tips yang gampang dipahami. …

Menggambar Rambut di Adobe Illustrator

Isamu Akira

22 Mar 2023

Menggambar rambut di Adobe Illustrator merupakan salah satu teknik yang sering digunakan dalam pembuatan desain grafis, terutama untuk ilustrasi karakter. Ada beberapa cara untuk menggambar rambut vektor di Adobe Illustrator, dan pada artikel ini, saya akan membahas dua cara yang umum digunakan, yaitu menggunakan brushes dan trace rambut dari gambar. Jika Agan ingin menggambar rambut …

Cara Trace Gambar Otomatis Di Adobe Illustrator

Isamu Akira

22 Feb 2023

Cara Trace Gambar Otomatis Di Adobe Illustrator – Jika Agan sering bekerja dengan desain grafis, pasti sudah tidak asing dengan Adobe Illustrator. Salah satu fitur yang terdapat di dalamnya adalah Image Trace. Fitur ini memungkinkan Agan untuk mengubah gambar tangan atau gambar raster menjadi gambar vektor dengan mudah dan cepat. Tidak perlu lagi menjiplak gambar …

Cara Rasterize Text di Adobe Illustrator

Isamu Akira

20 Feb 2023

Cara Rasterize Text di Adobe Illustrator – Adobe Illustrator adalah program desain grafis yang sangat populer dan sering digunakan oleh para desainer grafis profesional maupun amatir. Dalam Adobe Illustrator, Agan dapat membuat objek vektor yang dapat diedit dengan mudah dan diubah ukurannya tanpa mengalami penurunan kualitas. Namun, ada kalanya Agan perlu mengubah objek vektor menjadi …

Tutorial Mirror Tool: Cara Menggunakan Fitur Mirror pada Adobe Illustrator

Isamu Akira

26 Des 2022

Mirror pada Adobe Illustrator – Sebenarnya pembahasan ini sudah pernah saya buat di artikel : Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator, namun ini hanya versi cara lain buat agan jika ingin menggambar dengan mirror tool di Adobe illustrator. Pada Adobe Illustrator, mirror tool merupakan salah satu fitur yang dapat membantu kita dalam proses desain. Dengan …

x
x