Adobe Photoshop

Cara Membuat Logo Di Photoshop

8 Langkah Cara Membuat Logo Di Photoshop Untuk Pemula

Cara Membuat Logo Di Photoshop – Logo adalah salah satu hal penting yang menjadi titik utama ingatan para konsumen pada sebuah produk barang maupun jasa. Dengan kata lain bahwa logo merupakan wajah produk yang menjadi pengenalnya di pasaran luas.

8 Langkah Cara Membuat Logo Di Photoshop Untuk Pemula

Pada artikel ini ilmusolusi.com akan membahas mengenai cara membuat logo di photoshop, yang bisa menjadi panduan singkat bagi anda saat membuat sebuah logo. Simak uraiannya berikut ini!

1. Membuka dan Membuat Lembar Kerja Baru

Buat Lembar Kerja atau Kanvas BaruHal pertama yang perlu anda lakukan saat membuat logo dengan photoshop adalah membuka aplikasinya dan membuat lembar kerja yang baru. Selain itu, untuk memudahkan anda silahkan lakukan perubahan tampilan ukuran gambar ke dalam bentuk pixel. Selanjutnya, untuk mendapatkan kualitas gambar logo yang lebih baik, silahkan anda gunakan ukuran gambar 500px x 500px.

Anda juga dapat mengubah kembali ukuran kualitas gambar logo anda dengan membuka tombol “Canvas” dan melakukan pengaturan secara manual ukuran logo anda.

2. Menyimpan File Secara Berkala

Menyimpan File Secara BerkalaProses penyimpanan ini perlu anda lakukan secara berkala selama proses pengerjaan desain logo anda. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kehilangan file logo dan desain terakhir yang sudah susah-susah anda buat, saat terjadi pemadaman listrik tiba-tiba.

Anda juga bisa melakukan penyimpanan secara online menggunakan fitur cloud adobe agar file logo anda bisa diakses dari manapun.

Untuk menyimpan karya anda secara offline atau sebatas di dalam aplikasi computer anda, anda hanya cukup klik File>Save dan beri nama pada file anda. Namun untuk melakukan penyimpanan secara online di Cloud Adobe, anda perlu memilih menu File>Save As> Pilih Cloud Adobe. Anda juga bisa menyimpan file anda di salah satu drive computer anda, misalnya drive D.

3. Menggambar Bentuk Dasar Logo

Menggambar Bentuk Dasar LogoUntuk memulai menggambar desain logo anda, anda perlu memilih “Pen Tool” yang ada pada menu toolbar. Anda juga bisa menggunakan pintasan dengan menekan tombol. Akan tetapi, sebelum anda menggunakan pintasan tombol “P”, anda perlu memastikan bahwa anda sudah mengaturnya ke opsi “Shape”.

4. Membuat Gambar Lingkaran Dasar

Gambar dasar ini bisa anda buat dengan menggunakan “Elliptical Marquee Tool”, dengan menyesuaikannya dengan model dan bentuk logo yang akan anda anda buat.

Elliptical Marquee ToolAnda juga bisa membuat bentuk dasar gambar lainnya sesuai dengan kebutuhan desain logo anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai variasi lainnya sesuai dengan kebutuhan anda. Aplikasi photoshop mempunyai berbagai fitur yang bisa anda gunakan untuk menghasilkan desain logo yang menarik untuk anda.

Jika dalam proses menggambar terjadi kesalahan, maka anda hanya perlu menekan pintasan “Ctrl + Z”, maka itu akan menghapus kembali garis atau elemen apapun yang anda buat sebelumnya. Jangan lupa juga untuk secara berkala menyimpan hasil proses kerja anda.

Jika dirasa CTRL+Z masih kurang ampuh untuk melakukan UNDO, Anda bisa melakukan lebih banyak undo redo, caranya bisa anda baca di artikel : Cara Undo Redo di Photoshop

5. Membuat Lingkaran Sebagai Bayangan

Setelah gambar dasar lingkaran di atas selesai, silahkan anda klik kanan dan pilih “Stroke” agar anda bisa mengubah warna lingkaran dasar tersebut sesuai dengan kebutuhan desain logo yang akan anda buat. Supaya lebih menarik, anda bisa menambahkan efek bayangan pada gambar lingkaran tersebut dengan menggunakan “Rounded Rectangle Tool”.Rounded Rectangle Tool

6. Menulis Brand Logo

Menulis Brand LogoLangkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menuliskan nama pada gambar logo yang akan anda buat. Pada langkah-langkah di atas, anda sudah mempunyai dua buah gambar lingkaran yang akan anda gunakan dalam membuat logo anda. Arahkan kursor anda pada gambar lingkaran yang pertama, kemudian klik kanan pada lingkaran tersebut.

Selanjutnya, pilih “Horizontal Type Tool” pada menu side bar yang ada di sebelah kiri layar computer anda. Tuliskanlah nama logo yang akan anda buat pada logo tersebut, kemudian tekan tombol Ctrl + T agar supaya posisi dari teks nama logo yang anda buat berada pada center position atau posisi tengah dari lingkaran yang sudah anda buat sebelumnya.

Jika anda ingin membuat tulisan pada bagian bawah lingkaran, gunakan “Horizontal Type Tool”. Jika anda perlu untuk menyalin lingkaran 1, tekan “Ctrl + J”.

7. Memilih Font dan Warnanya

Memilih Font dan WarnanyaFont dan warna dalam sebuah logo merupakan salah satu hal juga perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah logo. Sebab, ia juga akan menjadi salah satu unsur yang akan diingat oleh para pembacanya.

Dalam hal ini anda perlu memilih font khas yang tidak digunakan oleh merk atau logo lainnya selain dari logo anda. Hal ini agar logo anda dengan font dan warnanya menjadi hal yang paling membekas dalam ingatan orang-orang yang melihatnya.

Untuk menghasilkan font dengan warna yang khas, anda boleh melakukan beberapa rancangan dan desain, yang kemudian anda coba satu per satu pada gambar logo anda.

8. Menambahkan Gradien Warna

Menambahkan Gradien WarnaKegunaan gradient warna adalah untuk memberikan kesan khusus, unik, dan kuat pada sebuah logo di mata orang-orang yang melihatnya. Anda bisa membuat gradient baru dengan cara tekan “Fill” pada menu utama, kemudian pilihlah “New Gradient”. Anda akan bisa melihat dan memilih berbagai pilihan warna yang menarik bagi anda dengan fitur ini.

Untuk menghasilkan logo yang bagus, anda bisa membuat beberapa versi terlebih dahulu dari logo anda, yang kemudian anda bisa memutuskan dan memilih versi mana yang akan anda gunakan.

Cara Membuat Desain LOGO Keren di Photoshop (Pemula)

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!