Adobe Illustrator

Cara Membuat Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator

Cara Setting Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator

Cara Membuat Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator – Adobe illustrator merupakan salah satu aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh para professional dan para pegiat desain grafis. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, terdapat sangat banyak kemudahan yang akan anda peroleh melalui sajian berbagai fitur canggih yang ada di dalamnya. Meskipun demikian, khusus untuk para pemula, dibutuhkan ketekunan khusus untuk bisa memahami dan menggunakan dengan baik berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Cara Membuat Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai Cara Membuat Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator saat anda akan menggunakan aplikasi adobe illustrator untuk membuat sebuah gambar desain grafis. Dalam hal ini, terdapat beberapa langkah yang perlu anda lakukan, yaitu:

1. Bukalah Aplikasi Adobe Illustrator

Jika anda ingin membuat sebuah desain gambar, kemudian ingin membuat rulers default permanen yang akan menjadi pembatas area gambar anda, maka bukalah terlebih dahulu aplikasi Adobe illustrator anda.

2. Buatlah Sebuah Lembar Kerja Baru

Anda bisa melakukan hal ini dengan cara Pilih Menu file>New>Ok. setelah melakukan cara ini, maka sebuah lembar kerja baru Adobe illustrator akan terbuka. Namun, akan anda lihat bahwa fitur rulers atau garis bantu dalam lembar kerja tersebut tidak muncul. Untuk memunculkannya, lakukan langkah berikutnya.

3. Tekan Ctrl + R Pada Bagian Keyboard

Dengan anda menekan Ctrl+R, maka rulers atau garis bantu pada lembar kerja baru Adobe illustrator anda akan muncul. Selain dengan cara Ctrl+R, anda juga bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan cara pilih menu View > Rulers. Anda juga dapat menggunakan pilihan Show rulers sebagai pilihan lainnya.

Cara menampilkan Ruler di adobe illustratorNamun, Perlu anda ingat bahwa kemunculan fitur garis bantu atau rulers dengan menggunakan cara-cara di atas hanyalah pada lembar kerja yang anda gunakan dalam cara di atas. Jika anda membuka lembar kerja baru, maka rulers tersebut akan kembali hilang, dan anda perlu mengulang kembali semua cara di atas untuk memunculkannya.

Jika anda menginginkan agar garis bantu atau rulers tersebut muncul selalu dalam semua lembar kerja baru secara default, maka anda bisa melakukannya dengan langkah berikutnya.

4. Pilih Menu Edit>Preferences dan pilih general

Saat melakukan langkah ini, jangan lupa untuk mencentang kolom pengaturan rulersnya agar ia bisa muncul secara default. Setelah itu, cobalah untuk membuka lembar kerja baru. Jika anda langsung melihat munculnya rulers secara otomatis pada lembar kerja baru yang baru saja anda buka, maka anda sudah berhasil membuat rulers default muncul secara permanen.

Cara Membuat Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator

Selain Cara Membuat Rulers Default Permanen di Adobe Illustrator di atas, terdapat beberapa cara lainnya yang juga penting anda ketahui terkait rulers Adobe illustrator, yaitu:

Cara Untuk Menyembunyikan Rulers

Jika anda ingin kembali menyembunyikan fitur ruler yang sudah anda tampilkan di atas, maka anda tinggal klik saja lagi menu view>ruler>hiden ruler. Anda juga bisa kembali menggunakan CTRL+R.

Cara Untuk Merubah Ukuran Rulers

Jika anda ingin merubah jenis ukuran ruler anda di illustrator, maka caranya adalah dengan mengklik kanan pada fitur ruler yang sebelumnya sudah anda aktifkan. Anda akan melihat berbagai tampilan rulers dalam berbagai ukuran. Jika rulersnya sudah tampil, maka silahkan anda pilih jenis dan ukuran yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara Untuk Membuat Custom Rulers Adobe Illustrator

Secara pengaturan defaultnya, Adobe Illustrator hadir dengan menggunakan fitur sistem Ruler dasar, yang akan dapat Anda aktifkan dengan menggunakan berbagai cara di atas. Salah satu cara termudah mengaktifkan rulers di atas adalah dengan penggunaan keyboard CTRL + R. Anda dapat dengan mudah menambahkan bentuk rulers horizontal maupun juga vertical sesuai dengan kebutuhan desain gambar anda.

Selain itu, rulers yang anda buat dapat juga dengan mudah di-snap, anda hanya cukup dengan melakukan klik dan menyeret ke luar rulers yang sudah anda buat sesuai kebutuhan.
Akan tetapi, bagaimana jika Anda perlu untuk membuat sebuah set custom rulers berdasarkan pada bentuk yang sangat rumit dari kebutuhan desain grafis anda ?
Dalam hal ini perlu Anda ingat bahwa Adobe illustrator juga memungkinkan Anda untuk melakukan custom rulers sesuai kebutuhan anda, serumit apapun itu selama rulers tersebut masih termasuk kategori vektor.

Dalam hal ini anda perlu menyiapkan bentuk grid system sederhana, yang akan anda gunakan. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan model geometric shape dasar. Selanjutnya, Untuk bisa mengonversi bentuk model shape anda tersebut menjadi sebuah guide, anda perlu memilihnya terlebih dahulu dengan fitur select, Lalu klik menu View>Guides>Make Guides. Anda juga bisa menggunakan cara cepatnya dengan cara klik kanan>Make Guide. Cara Ini akan mengubah model shape anda menjadi bentuk custom reference grid. Bentuk tersebut kemudian bisa anda lock dan digunakan untuk pembuatan model grafis anda.

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!