Adobe Illustrator

Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator

Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator – Adobe Illustrator adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan dalam membuat gambar, aneka ilustrasi, dan juga berbagai karya seni grafis menggunakan laptop Windows atau juga MacOS. Adobe Illustrator pada awalnya diluncurkan pada tahun 1987, dan kemudian terus dilakukan perbaruan secara berkala. Saat ini, software tersebut sudah disertakan menjadi bagian dari software dalam Adobe Creative Cloud.

Adobe Illustrator sangat banyak digunakan oleh para desainer grafis, desainer blog dan web, para seniman visual, dan juga ilustrator profesional di berbagai belahan dunia, untuk membuat sebuah karya seni grafis gambar digital berkualitas tinggi.

Adobe Illustrator menyediakan sangat banyak alat untuk menggambar, dengan berbagai fitur canggih yang akan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh para creator gambar untuk membuat berbagai desain gambar dan ilustrasi.

Salah satu contoh kemampuan canggih adobe illustrator adalah kemampuannya membuat gambar mirror atau gambar cerminan reflektif dari sebuah objek gambar.

Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator

Gambar Mirror di AI – Menggambar sebuah objek dengan juga membuat sketsa mirror seperti cermin pastinya akan sangat menyenangkan, hal ini karena gambar mirror akan lebih memudahkan anda saat anda menginginkan posisi letak gambar yang simetris pada sisi kanan kiri, maupun bawah dan atas. Berikut ini adalah Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Menggambar Mirror di Adobe Illustrator = “Pembuatan Dokumen”

  • Buatlah dokumen baru dengan mengklik File > New. Tentukanlah ukuran artboard sesuai yang Anda butuhkan.
  • Bukalah panel layer dengan mengklik Window > Layers. Pertama kalinya, Anda hanya akan memiliki satu buah layer. Pilihlah ikon target yang ada pada sebelah nama layer 1. Jika sudah anda pilih, maka akan muncul lingkaran kecil di sekitar gambar ikonnya.

Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator

2. Penerapan Efek Mirror / Refleksi

  • Masuklah ke halaman panel tampilan yaitu dengan klik Window>Appearance. Kemudian, klik gambar ikon Fx pada bagian bawah panel tersebut.
  • Dari sub menu daftar perintahnya, pilihlah Distort Transform, kemudian klik transform, maka akan anda lihat Tampilan dialog berisi efek transformasi.

appearence pannel

  • Pada kotak dialog tersebut, klik pada kotak centang yang akan diperlukan pada sumbu X. Ketikkan jumlah salinan 1 saja, lalu Tekan Oke.

Transform effect dialog window

Isilah Ikon target yang ada di sebelah nama layer pada panel layer diisi dengan pilihan warna abu-abu. Ini artinya bahwa layer akan memiliki efek yang akan diterapkannya. Jika ikon target anda klik, maka efek yang dipilih akan ditampilkan pada panel tampilan. Anda juga dapat membatalkan pemilihan ikon target tersebut dengan cara menahan tombol CTRL/CMD, lalu klik kiri pada mouse.
Applied layers effect

3. Buatlah Gambar tiruan sebagai refleksinya

Karena anda sudah menerapkan efek ke layer, maka gambar apa pun yang akan Anda buat pada layer ini, ia akan tercermin (mirror) baik itu pada sumbu x ataupun sumbu y. tergantung pada pengaturan yang sudah anda buat.
Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator

Dalam metode ini, refleksi diterapkan ke seluruh objek berdasarkan titik tengah geometris objek di artboard yang kamu buat. Titik tengah geometris berubah setiap kali objek baru digambar. Triknya adalah jika kamu menggambar objek tertentu yang menutupi semua gambar, kamu menjaga titik tengah tetap utuh.

Karena itu, Anda perlu menggambar Persegi yang menutupi seluruh gambar. Bentuk ini akan menjadi panduan tiruan Anda dan memberikan titik tengah yang konstan. Lalu buat guide pas tengah persegi tersebut agar kamu selalu tau garis tengah agar mempermudah saat proses menggambar.
Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator2

Hapuslah fill color dan juga stroke color dari gambar lingkaran tersebut, lalu kunci shape persegi ini dengan menggunakan panel Layers. Setelahnya, artboard sudah selesai dan siap untuk bisa menggambar cermin atau mirror.

Selanjutnya, “Guides”. Tekanlah tombol CTLR + R untuk bisa menampilkan ikon penggaris, jika ikon penggaris tidak terlihat. Kunci juga layer Guide ini agar saat proses menggambar tidak berubah atau tergeser,

Seretlah panduan dari ikon penggaris kiri dan letakkan ke artboard. Pastikan bahwa ada keselarasan secara horizontal. Anda kemudian dapat mengunci posisi lapisan ini jika dianggap sudah tepat. Selanjutnya, Beralih kembali kepada gambar lapisan sebelumnya, yang akan anda gambar objeknya.
Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator3

4. Pembuatan Gambar Objek

Mulailah menggambar objek anda, gunakan pilihan warna stroke hitam dan juga weight 3 pt. Dapat juga anda mengaktifkan fitur “Snap to point” pada bawah menu View, lalu mematikan snap selainnya. Hal ini akan membantu Anda saat membuat gambar, agar jauh lebih akurat.

Pembuatan Gambar Objek

Gunakan pen tool dan Mulailah menggambar objek sesuai dengan keinginan anda. Anda akan melihat Gambar sebenarnya pada di sisi kiri, dan Objek gambar kanan hanyalah efek berupa pantulan otomatis dari gambar objek di sebelah kiri. Oleh karena itu, Anda tidak akan dapat memilih bersamaan keduanya.

5. Perluasan Tampilan Artboard

Perluasan tampilan artboard biasanya dilakukan untuk bisa menyalin seluruh gambar objek. Terkadang, gambar cermin ini tidak cukup untuk para desainer yang punya kebutuhan gambar yang lebih luas dan besar.
Mereka bahkan seringkali menggabungkan kedua sisi gambar asli dan juga gambar cerminannya, dengan mengubah jenis gambar cerminan menjadi objek gambar nyata sesuai aslinya. Hal ini dilakukan dengan mengklik Expand Appearance pada bawah menu objek.

Refrensi :
https://perisainews.id/cara-menggambar-secara-mirror-pada-adobe-illustrator-cc/

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!