Adobe Photoshop

Cara Mengganti Warna Baju di Photoshop

Cara mengganti warna baju di photoshop | Mengganti warna baju objek gambar dengan menggunakan photoshop merupakan hal yang sangat mudah. Meskipun demikian, untuk para pemula hal ini mungkin akan terlihat sedikit rumit. Karena hal ini membutuhkan pembiasan untuk mencapai kualitas pengeditan warna objek gambar yang maksimal.

Cara Mudah Mengganti Warna Baju di Photoshop

Terdapat banyak cara yang bisa digunakan untuk mengganti warna sebuah objek dengan menggunakan photoshop, diantaranya yaitu dengan menggunakan fitur replace collor. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Memasukkan foto ke Photoshop

Bukalah aplikasi photoshop anda, kemudian cari dan masukan gambar ataupun photo yang akan anda ganti warnanya. Caranya yaitu klik menu file>open, Kemudian carilah foto yang akan anda edit. Anda dapat juga menggunakan cara drag and drop fotonya langsung ke halaman photoshop.
Dalam hal ini, anda bisa mengganti warna baju pada objek gambar, mengganti warna topi, atau bahkan juga menghapus background.
Cara Mengganti Warna Baju di Photoshop

2. Membuka Kunci Layer

Anda perlu membuka kunci layar gambar sebelum anda bisa mengedit bagian-bagian gambar tersebut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengarahkan cursor anda pada ikon kunci yang ada pada kotak panel layer, yang biasanya muncul pada sebelah kanan layar komputer anda. Click tepat pada icon gembok untuk membukanya. Jika sebuah halaman popup muncul, maka tekan saja ok.
Cara Mengganti Warna Baju di Photoshop

3. Memilih Bagian Warna Baju Pada Gambar dan Menggantinya

Berikutnya, Pilihlah bagian mana saja dari gambar yang akan anda rubah warnanya. Dalam hal ini kita akan memilih semua bagian baju. Untuk melakukan ini silahkan anda gunakan bantuan pen tool maupun quick selection tool. Demikian juga jika anda akan merubah warna pada objek lainnya dari gambar yang anda miliki.
Selec Object Pen Tool

Selanjutnya, Klik pada menu IMAGE, lalu pilihlah submenu ADJUSTMENT, dan pilih REPLACE COLLOR.
REPLACE COLOR Photoshop

Pada bagian sub menu SELECTION, pilih pada bagian color, kemudian pilihlah atau arahkanlah pada bagian baju yang akan anda ganti warnanya. Setelah itu, pada sub menu Fuzziness silahkan anda lakukan pengaturan besarnya ukuran warna.

Jika anda menginginkan warna seluruh bagian baju tersebut diganti, maka anda perlu menggunakan nilai pada sub menu Fuzziness secara full, anda dapat melakukannya dengan menggeser tanda garis pengaturan Fuzziness ke sebelah kanan hingga full. Pada bagian sub menu replacement, silahkan anda klik result, lalu pilihlah warna yang akan anda gunakan untuk mengganti warna baju tersebut.

Selanjutnya, anda perlu mengatur nilai lightness, saturation, dan juga nilai Hue. Anda Juga dapat juga membiarkannya secara default, jika anda merasa bahwa gambar hasil pergantian warna baju tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda.
Mengganti Warna BajuHasilnya :

HASIL EDIT
Hasil kurang rapi memang karena saya seleksinya asal-asalan aja cuma buat tutor

Cara Mengganti Warna Baju Menggunakan Fitur Hue/Saturation Photoshop

Adapun Cara untuk Mengganti Warna Baju menggunakan fitur hue/saturation dengan cara masuk ke menu IMAGE > ADJYSMENT, kemudian pilihlah Hue/Saturation. Anda akan melihat garis untuk pengaturan hue/saturation. Namun sebelum itu silahkan di seleksi dulu baju yang ingin di ganti warna nya seperti langkah – langkah di atas.
hue saturation

Arahkan kursor pada gadis tersebut dan geser ke arah kiri atau kanan untuk menyesuaikan warna, kontras, dan juga pencahayaan ada gambar editan anda. Pada sub menu tersebut, ada 3 pilihan pengaturan, yaitu:

  • Hue: anda bisa memilih warna baju pada bagian ini.
  • Saturation : bagian ini berfungsi untuk mengatur tingkat kontras warna dan juga ketajamannya.
  • Lightness : berfungsi untuk pengaturan tingkat pencahayaan pada gambar hasil editan anda.

Hasilnya :

HASIL EDIT 2
Hasil kurang rapi memang karena saya seleksinya asal-asalan aja cuma buat tutor

Tambahan

magnetic Lasso Tool
Selain menggunakan pen tool dan quit selection tool, anda juga bisa menggunakan magnetic lasso tool. Penggunaan tool yang satu ini terkenal cukup mudah dengan hasilnya yang sangat rapih, caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pilihlah Magnetic Lasso Tool pada menu tool bar pada samping kiri layar komputer anda.
  2. Untuk memilih bagian gambar baju yang akan diganti warnanya, klik mouse komputer anda di sekeliling objek warna baju tersebut, pastikan bahwa titik awal anda mengklik warna baju tersebut, bertemu titik akhir klik yang anda lakukan pada baju tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bagian gambar yang akan diganti warnanya, bisa tergantikan dengan baik seluruh warnanya.tutorial merubah warna baju dengan photoshop
  3. Tekanlah tombol Q, agar quick mask mode menjadi aktif.
  4. Pilihlah tool penghapus atau eraser tool, kemudian hapuslah warna awal yang ada pada gambar baju tersebut.
  5. Setelah seluruh warna tersebut terhapus, matikanlah kembali quick mask mode dengan menekan kembali tombol Q.
  6. Ubahlah warna baju tersebut dengan menggunakan bantuan fitur Hue/ Saturation. Pada tahap ini seluruh langkahnya telah selesai.

Setelah semuanya selesai, silahkan anda pilih Ok. Kemudian simpan lah gambar hasil editan anda tersebut. Berikutnya silahkan anda bandingkan antara foto awal dan juga foto hasil editan anda. Jika semuanya tampak sama dan natural, maka berarti anda sudah berhasil mengganti warna baju di photoshop.

Ada banyak hal yang membuat seseorang perlu mengganti warna baju dengan photoshop, salah satunya yaitu keperluan administrasi di tempat kerja, maupun untuk keperluan administrasi pendidikan. Atau juga hanya sekedar melatih kemampuan dalam pengeditan gambar.

Pelajari juga Cara Membuat Mockup di Photoshop agar mempermudah kamu membuat katalog di toko online kamu. Dan juga baca Cara Undo Redo di Photoshop biar kamu makin ahli photoshop. Terima kasih

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!