Adobe Illustrator

Cara Menghapus Background di Adobe Illustrator

Tips Mudah Cara Menghapus Background di Adobe Illustrator

Terkadang seseorang ingin mengedit foto yang dimiliki supaya hasilnya lebih maksimal. Dan salah satu cara mengedit foto yang sering orang lakukan adalah menghilangkan background yang ada dalam foto menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Adobe Illustrator. Meskipun begitu, masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara menghapus background di Adobe Illustrator.

Mengapa harus menggunakan Adobe Illustrator? Bukankan sudah banyak aplikasi instan untuk menghapus background? Jawabannya adalah karena menggunakan Adobe Illustrator, hasilnya akan lebih maksimal. Dan berikut adalah cara menghapus background di Adobe Illustrator.

Inilah Cara Menghapus Background di Adobe Illustrator!

1. Buka Aplikasi Adobe Illustrator

Cara yang harus dilakukan terlebih dahulu yakni membuka aplikasi Adobe Illustrator. Lalu, pilih foto yang ingin diedit untuk diganti backgroundnya. Caranya, masuk ke menu open pada bagian atas.
Kemudian, klik tombol Z untuk mengaktifkan fitur Zoom pada aplikasi. Fitur Zoom ini bisa digunakan untuk membuat garis bentuk yang sangat detail. Dan garis bentuk yang akan dibuat untuk sekeliling foto bisa menggunakan Magic Wand.

2. Tekan Tombol Ctrl + Space

Selain membuat garis menggunakan Magic Wand, kamu wajib menekan tombol Ctrl + Space, untuk memperbesar gambar yang diedit. Kemudian tekan tombol P untuk memilih alat Pen, yang akan digunakan untuk menyeleksi objek atau foto. Dengan tujuan bisa membuat garis pada objek.

Nantinya, setiap klik akan meninggalkan satu anchor point yang sudah dibuat. Dimana satu anchor ini, bisa dikatakan sebagai garis yang menghubungkan titik jangkar pada objek. Dengan begitu titik jangkar sebelumnya, akan mengakses dengan titik jangkar baru yang dibuat oleh pengguna pada objek yang akan diganti backgroundnya.

3. Buat Titik Jangkar Sampai Bertemu dengan Titik Paling akhir

Selanjutannya adalah dengan membuat titik jangkar yang mengelilingi objek, sehingga titik jangka pertama bisa bertemu dengan titik jangkar terakhir. Sedikit infromasi, bahwasanya dalam pembuatan garis atau titik jangkar, sebaiknya buatlah dekat dengan tepian objek. Tujuannya, supaya background yang dipasang nantinya terlihat serasi dengan objek itu.

4. Klik Menu Select

Setelah selesai membuat garis jangkar pada objek foto, maka pengguna perlu menekan menu Select. Tujuan dari menekan menu Select adalah untuk menyeleksi foto dan melihat keseluruhan gambar pada aplikasi.

Objek yang sudah di seleksi ini, biasanya akan menampilkan garis biru. Setelah itu, klik objek latar depan sebanyak satu kali saja. Dengan tujuan untuk menyeleksi kedua objek secara bersamaan, yakni gambar depan dan gambar belakang.

5. Hilangkan Background

Jika kedua objek sudah diseleksi secara bersamaan, maka pilih Make Clipping Mask dengan mengklik kanan. Dengan begitu, latar atau background akan berubah jadi warna putih, dan tentunya bisa diubah jadi background yang lain. Seperti background pemandangan, rumah, maupun gambar lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Teks Melengkung di Adobe Illustrator

Tetapi sebelum mengganti background, buatlah terlebih dahulu background putih jadi transparan dengan menekan tombol Del. Setelah memilih background atau latar belakang yang diinginkan, maka save hasil editan itu. Dan jangan lupa untuk mengubah format foto jadi jpg, kemudian klik menu simpan.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menghapus background di Adobe Illustrator, dan menggantinya dengan gambar lain. Memang cara yang dikerjakan sangat mudah, dan tentunya tidak membutuhkan waktu lama. Hasil editan di Adobe Illustrator juga tidak pecah, karena format foto yang digunakan jpg. Selamat mencoba!

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!