Technology

Mengatasi Smartphone Android Lag (Lemot)

4 Tips Mengatasi Smartphone Android Lag

Mengatasi Smartphone Android Lag (Lemot) – Untuk kita semua yang menggunakan HP Android pasti sudah pernah mengalami lag (lemot) pada device anda saat memproses data, meskipun HP yang kamu gunakan adalah merk terkenal pun pasti mengalami hal ini. Dengan seiring berjalan waktu, lambat laun HP kamu akan semakin lag dan lemot. Efek ini akan semakin terasa jika foto, video yang kamu simpan makin banyak, ditambah pasti kamu akan menginstall aplikasi – aplikasi ini itu.

Secara umum banyak kemungkinan penyebab HP kamu lag atau lambat, bisa jadi karena memory internal makin penuh, juga bisa karena HP kamu lambat disebabkan karena terlalu banyak meng install aplikasi. Bukan cuma itu, hp kamu jadi lag atau lambat bisa jadi ada kerusakan pada hardware maupun software pada HP kamu. Untuk mengatasi hal tersebut saya berikan 4 tips sederhana untuk mengatasi HP kamu yang menjadi Lag atau lambat, silahkan anda simak berikut 4 Tips Sederhana Mengatasi Hp Lag.

4 Tips Mengatasi Smartphone Android Lag (Lemot)

1. Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Hapus atau Uninstall aplikasi yang tidak kamu gunakan. Menginstall banyak aplikasi yang tidak kamu gunakan menyebabkan kapasitas RAM kamu akan cepat penuh, apalagi jika kamu install aplikasi dengan grafis yang besar, pemakaian RAM pun semakin besar, saat kapasitas RAM penuh, efek pada HP kamu akan menyebabkan performa akan semakin lambat atau lag.

Maka sebaiknya aplikasi – aplikasi yang tidak kamu gunakan dan butuhkan di hapus saja. Sehingga ruang RAM di HP kamu masih punya kapasitas untuk memproses data.

2. Update OS Secara Berkala

Tips selanjutnya Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot ialah dengan update atau memperbarui OS (Operasi Sistem) pada HP kamu secara berkala. Banyak para pengguna HP Smartphone yang tidak tahu jika OS pada HP jarang di Update maka kemungkinan besar terdapat banyak sekali bugs yang bisa memperlambat kinerja HP Smartphone kamu.

Manfaat selalu mengupdate OS ialah untuk memperbaiki Bugs serta mengoptimalkan hardware android menjadi lebih baik saat digunakan. Selain itu kamu biasanya akan mendapat fitur-fitur baru yang lebih cangih saat mengupdate OS kamu.

Namun perlu hati-hati saat kamu memutuskan untuk update OS HP kamu, karena biasanya malah menambah bug baru. Maka dari itu sebelum kamu mengupdate OS sebaiknya baca-baca review dulu terkait Versi OS baru nya di forum-forum Merk HP yang kamu gunakan.

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Banyaknya aplikasi yang berjalan bisa menyebabkan HP Android kamu menjadi lambat, hal ini dikarenakan semakin banyak aplikasi yang berjalan maka semakin banyak juga RAM yang digunakan, hal ini juga menyebabkan baterai kamu berkurang dengan cepat. Maka dari itu sebaik nya cepat tutup aplikasi yang tidak penting atau kurang terpakai. Perhatikan juga aplikasi yang berjalan pada background, kamu bisa cek pada menu setting (letak nya berbeda-beda sesuai merk yang kamu gunakan, silahkan coba browsing sesuai merk yang kamu gunakan).

4. Sebaiknya Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Live Wallpaper adalah salah satu fitur yang dapat membuat aktivitas menggunakan HP semakin menyenangkan dan seru, karena Wallpaper ini dapat bergerak. Namun ini menjadi salah satu penyebab Smartphone kamu menjadi lambat / Lag dikarenakan wallpaper yang bergerak ini banyak menggunakan sumber RAM kamu secara terus menerus. Selain itu baterai kamu akan sangat cepat habis karena menggunaka live wallpaper ini.

Nah Agar kineja smartphone tidak over loading terlalu lama ketika akan membuka aplikasi yang akan anda gunakan, maka sebaiknya Anda tidak memakai live wallpaper atau wallpaper bergerak. Pakailah wallpaper yang sederhana atau tidak bergerak saja sebab wallpaper yang sederhana dapat membantu mempe-ringan kinerja ponsel Android anda.

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai cara agar HP Smartphone Android lemot bisa lebih cepat saat digunakan, semoga dengan penjelasan diatas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat

 

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!