Mengatasi Your Connection is Not Private Pada Websitemu



Your Connection is Not-Private

Mengatasi Your Connection is Not Private Pada Websitemu – Ketika anda sedang berselancar dengan internet, mungkin Anda juga pernah mendapatkan peringatan yang tiba-tiba muncul “Your Connection is Not Private” atau “Your Connection is Not-Secure” saat anda akan membuka blog atau website. Peringatan ini bisa muncul karena berbagai faktor. Pada Artikel ini, ilmusolusi.com akan membahas mengapa peringatan ini bisa muncul dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Munculnya Your Connection is Not Private Pada Website

1. Ada Masalah Pada SSL Website

Error your connection is not-private” umumnya akan muncul jika website yang akan Anda akses sangat tidak aman. Tandanya yaitu sertifikat SSL yang kadaluarsa atau tidak ada lagi sama sekali. Tentunya Anda tahu, bahwa SSL adalah sebuah metode yang bertugas dalam mengamankan akses sebuah website. Tidak adanya SSL akan membuat peringatan tersebut muncul.

2. Waktu dan Tanggal Pada Komputer Tidak Tersetting

Misalnya, jika Anda mengakses website 30 Agustus 2022, namun waktu dan tanggal pada komputer Anda tercatat masih 20 Agustus 2017 maka pesan tersebut akan otomatis muncul.

Hal ini karena Browser akan menggunakan waktu dan tanggal pada komputer anda untuk memverifikasi adanya sertifikat SSL pada situs yang akan Anda kunjungi. Browser anda akan menganggap SSL website tidak berlaku, jika tanggal pada komputer anda keliru.

3. Antivirus Sangat Sensitif

Antivirus yang sedang Anda gunakan juga bisa memicu adanya pesan “Your Connection is not-private”. Hal itu karena fitur SSL scanning yang ada pada antivirus terlalu sensitif. hasilnya, justru memblokir website dengan SSL-nya yang tidak dikenal. Padahal, nyatanya website tersebut aman dikunjungi.

4. Masalah pada Browser

Your Connection is not-private” juga bisa muncul disebabkan masalah pada browser, yaitu:

  1. Permintaan data dari browser pada server untuk mengirimkan semua data dari halaman website terhambat.
  2. Ekstensi pada browser bermasalah, sehingga verifikasi pada sertifikat SSL terhambat.
  3. Kinerja pada browser terbebani banyaknya simpanan data browsing, seperti history tertumpuk, cookies browsing, dan juga cache.

5. Program OS (Operating system) Komputer Belum Diupdate

Sistem operasi jika belum diupdate juga bisa menyebabkan peringatan “Error your connection is not-private”. Hal itu karena terdapat beberapa program yang tidak cocok lagi dengan proses pada sistem SSL. Hal ini lalu menjadikan permintaan browser tidak diijinkan untuk keamanan pengguna.

6. Penggunaan VPN

Alasan lainnya kemunculan pesan error ini adalah anda menggunakan VPN. VPN memiliki jenis perlindungan keamanan yang bisa memblokir adanya sertifikat SSL jenis tertentu. Hal itulah yang mencegah browser anda membuka sebuah website.

7. Modem Untuk Internet Anda Bermasalah

Ketika modem sumber internet bermasalah, koneksi akan menjadi tidak stabil, sehingga semua proses loading pada website bisa terganggu. Hal Inilah yang menyebabkan kembali muncul pesan bahwa koneksi Anda tidak aman atau not private.

8. Website Telah Diblokir Oleh Penyedia Layanan

Terdapat Beberapa layanan internet sudah memblokir website tertentu untuk alasan keamanan. pesan “Error your connection is not-private” akan anda lihat saat Anda akan mengakses semua website tersebut.

Baca Juga : Cara Daftar Blogger ke Adsense

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Terdapat berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi semua hal di atas, yaitu:

  • Reload ulang halaman website yang sedang anda akses; reload ulang seringkali menjadi solusi awal yang bisa anda coba untuk hal ini. Tapi, gunakan cara-cara berikutnya jika tidak berhasil.
  • Restart kembali modem internet anda; modem internet terkadang mengalami error yang menyebabkan peringatan ini, cabut dan pasang kembali modem anda.
  • Updatelah pengaturan waktu dan juga tanggal yang ada pada komputer Anda; caranya sangat mudah, anda hanya perlu membuka pengaturan dan memilih sub menu pengaturan waktu.
  • Updatelah versi terbaru sistem operasi pada komputer anda; pastikan bahwa anda memiliki kuota yang cukup sebelum melakukan hal ini, karena update OS membutuhkan kuota yang banyak.
  • Nonaktifkanlah fitur SSL scanning yang ada pada antivirus yang sedang anda gunakan; periksalah antivitus anda dan temukan pengaturan tentang hal ini di dalamnya.
  • Nonaktifkanlah ekstensi pada browser anda; seringkali anda memasang berbagai ekstensi yang menyebabkan browser anda diblokir oleh situs-situs tertentu. Cobalah untuk menonaktifkannya untuk mengetahui apakah masalah ini bersumber dari hal itu.
  • Hapuslah semua data browsing secara berkala; untuk melakukan ini anda bisa membuka menu pada browser anda, kemudian pilihlah history, dan hapus semua data penelusuran yang ada.
  • Gunakanlah mode penelusuran incognito; menu ini akan membuat anda terlepas dari riwayat penelusuran yang sudah anda lakukan, sehingga browser anda akan bekerja optimal dan terhindar dari berbagai error.
  • Janganlah menggunakan jaringan internet yang sering dipakai oleh umum; misalnya yaitu wifi di tempat kerja, dll.
  • Hentikan dan Matikanlah VPN.
  • Gunakan proxy terbaik untuk mengakses website-website tertentu.
  • Abaikan saja peringatan yang menyebutkan bahwa koneksi tidak aman ini jika anda merasa bahwa hal itu disebabkan oleh masalah yang anda pahami tidak berbahaya.

Peringatan Your Connection is Not Private di browser Anda bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Anda perlu mengecek satu per satu, dari mana munculnya peringatan tersebut dan mengatasi masalah sesuai penyebabnya.

Jika ada pertanyaan, sampaikan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini.

Iklan




About Isamu Akira 131 Articles
Hallo, nama saya Isamu Akira, seorang penulis di Ilmusolusi.com. Saya memiliki minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, dan senang berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan orang lain melalui tulisan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga tulisan-tulisan saya di Ilmusolusi.com dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*