Website

Cara Mempercepat Loading di Blogger

Tips Bermanfaat Buat Para Blogger! Cara Mempercepat Loading Blogger

Blog yang lelet pasti akan membuat pengunjung kapok untuk mampir lagi. Tak hanya itu, kecepatan akses suatu website juga jadi salah satu faktor ranking Google. Lalu bagaimana cara mempercepat loading blogger? Ikuti terus artikel ini sampai selesai.

cara mempercepat loading blogger
cara mempercepat loading blogger

Jika Kamu ingin konten blog masuk ke halaman pertama Google, maka punya akses yang cepat merupakan hal yang wajib Kamu memiliki. Maka  dari itu, Kamu harus mengecek secara berkala kecepatan blog Kamu.

Dengan begitu, Kamu akan mengerti apa saja yang menghambat kecepatan blog. Selain itu, Kamu juga bisa melihat potensi masalah yang bisa terjadi pada blog atau web site Kamu. Hal itu bertujuan supaya kinerja blog tetap stabil, dan tidak mengalami penurunan trafik.

Tips Bermanfaat Buat Para Blogger! Cara Mempercepat Loading Blogger

Maka berasal dari itu, perhatikan cara mempercepat loading blogger di bawah ini, jika kamu memang benar-benar penasaran:

1. Mengaktifkan caching

Caching merupakan suatu proses penyimpanan data suatu halaman HTML, dari konten blog. Hal itu bertujuan untuk mengurangi loading server dan pemakaian resource. Tidak hanya itu, cara kerja caching juga bisa membantu mempercepat loading halaman blog dan situs.

Jadi, tidak perlu lagi mengambil data secara berulang dalam menampilkan halaman yang sama. Dengan begitu, kecepatan loading akan meningkat. Untuk cara ini, Kamu bisa menggunakan plugin caching, seperti W3 Keseluruhan Cache atau WP Super Cache.

2. Optimasi ukuran gambar

Ukuran gambar merupakan suatu masalah klasik pada web site situs, atau blog  sejak dulu. Sebetulnya, dengan kecepatan internet yang sudah berkembang, foto atau gambar pada konten blog tidak terlalu jadi persoalan.

Jika ukuran foto atau gambar yang besar tidak seimbang, dengan kapasitas dan kemampuan blog atau situs itu, maka pastikan bahwa gambar yang akan diunggah sudah dioptimasi dengan baik.

3. Memilih theme atau template yang mudah

Kecepatan loading suatu halaman blog dipengaruhi oleh pemilihan theme atau template. Hal itu karena tampilan blog adalah salah satu hal, yang paling banyak mengkonsumsi resource. Terlebih jika di halaman itu terdapat video, gambar slide, dan juga beragam widget Twitter, Instagram, maupun Facebook.

Ada baiknya, Kamu memakai template yang mudah, bagus, dan responsif. Dengan memilih theme yang mudah dan sederhana, maka bisa meminimalisir terjadinya kelambatan saat loading.

4. Mencermati pemanfaatan embed untuk konten video

Tahukah Kamu? Pemakaian video di dalam konten bisa menurunkan bounce rate. Hal itu berjalan karena perhatian pengunjung blog, akan terserap cukup lama untuk melihat  video itu.

Maka dari itu, ada baiknya Kamu menggunakan fitur embed video untuk mengunggah video pada  konten blog. Sehingga, hal itu bisa mempercepat loading web, dan meringankan beban pada hosting.

5. Menggunakan hosting yang berkualitas

Salah satu cara mempercepat loading blog adalah menggunakan hosting yang bagus. Gunakan layanan hosting yang sudah memakai SSD, untuk menyimpan data. Dengan begitu, kecepatan akses situs atau blog Kamu akan terjamin.

Baca Juga: Cara Membuat Bayangan di Adobe Illustrator

Hosting yang tepat,  memiliki dampak positif pada kecepatan loading blog Kamu. Jangan lupa untuk melakukan riset sebelum Kamu memilih suatu layanan hosting. Pastikan memilih layanan hosting dengan performa tinggi.

Bagimana? Apakah informasi di atas mudah di pahami, pada ulasan selanjutnya akan membahas apa? Tulis dikolom komentar, ya!

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
error: Content is protected !!