Cara Uninstall Driver VGA Sampai Bersih



Cara Uninstall Driver VGA Sampai Bersih

Sebagai seorang pengguna komputer, Agan mungkin sudah sering mengalami masalah performa yang buruk atau bahkan crash pada sistem operasi. Salah satu penyebab umum dari masalah tersebut adalah driver VGA yang tidak kompatibel atau rusak. Oleh karena itu, uninstall driver VGA yang tidak lagi diperlukan atau yang sudah usang sangat penting untuk menjaga performa komputer Agan tetap optimal.

Tidak hanya itu, uninstall driver VGA yang bersih juga diperlukan ketika Agan ingin mengganti kartu grafis atau menginstal driver VGA yang lebih baru. Prosedur yang benar untuk menghapus driver VGA lama dapat membantu menghindari konflik yang mungkin terjadi antara driver yang lama dan yang baru, serta mengoptimalkan kinerja kartu grafis Agan.

Namun, tidak semua pengguna komputer paham tentang cara uninstall driver VGA dengan benar. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya sebagai seorang blogger yang paham dunia komputer akan memberikan panduan lengkap tentang cara uninstall driver VGA sampai bersih.

Membuat Pemulihan Sistem

Langkah pertama sebelum melakukan uninstall driver VGA adalah membuat pemulihan sistem. Ini adalah langkah yang sangat penting sebagai langkah pencegahan jika terjadi masalah saat menghapus driver VGA. Agan dapat membuat pemulihan sistem dengan cara berikut:

  • Buka Control Panel dan pilih “Sistem dan Keamanan“.
  • Pilih “Pemulihan” di menu sebelah kiri.
  • Klik “Buat titik pemulihan” di bawah “Pemulihan sistem“.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk membuat titik pemulihan sistem. Agan dapat memberikan nama yang mudah diingat agar Agan dapat mengidentifikasi pemulihan sistem tersebut jika diperlukan di masa depan.

Menyiapkan Driver VGA Baru (Opsional)

Jika Agan berencana untuk mengganti driver VGA lama dengan driver VGA baru, sebaiknya Agan sudah menyiapkan driver VGA baru sebelum melakukan uninstall driver VGA yang lama. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkan driver VGA baru:

  • Kunjungi situs web resmi produsen kartu grafis Agan. (NVIDIA/AMD)
  • Cari driver VGA yang sesuai dengan model kartu grafis Agan dan sistem operasi yang Agan gunakan.
  • Unduh driver VGA baru ke komputer Agan dan simpan di lokasi yang mudah diakses.

Dengan menyiapkan driver VGA baru sebelumnya, Agan dapat menghindari koneksi internet yang lambat atau tidak stabil saat menginstal driver baru setelah menghapus driver lama.

Menghapus Driver VGA Melalui Device Manager

Langkah berikutnya dalam cara uninstall driver VGA adalah melalui Device Manager. Device Manager adalah utilitas bawaan di Windows yang memungkinkan Agan mengelola perangkat keras yang terpasang pada komputer Agan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Device Manager. Agan dapat membuka Device Manager dengan cara menekan tombol “Windows” + “X” dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul, atau Agan dapat mencarinya di menu Start dan memilih “Device Manager” dari daftar hasil pencarian.
  • Di jendela Device Manager, cari kategori “Kartu Grafis” atau “Display Adapters” dan klik tanda panah kecil di sebelah kiri untuk mengembangkannya dan menampilkan driver VGA yang terinstal.
  • Klik kanan pada driver VGA yang ingin Agan uninstall dan pilih “Uninstall device” dari menu konteks yang muncul.
  • Konfirmasikan penghapusan driver VGA dengan mengklik “Uninstall” pada jendela konfirmasi yang muncul. Pastikan untuk memilih opsi “Delete the driver software for this device” untuk menghapus driver VGA secara bersih dari komputer Agan.

Cara Uninstall Driver VGA Sampai BersihTunggu proses uninstall selesai. Komputer Agan mungkin perlu restart untuk menghapus driver VGA secara penuh. Jika diminta untuk restart, pilih “Yes” atau “Restart now“.

Membersihkan Sisa-sisa Driver VGA

Setelah Agan menghapus driver VGA melalui Device Manager, ada baiknya Agan membersihkan sisa-sisa driver yang mungkin tertinggal di sistem Agan. Agan dapat melakukan ini dengan menggunakan utilitas pihak ketiga seperti Display Driver Uninstaller (DDU) yang dapat diunduh secara gratis dari situs web resmi pengembangnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:Tampilan-Aplikasi-DDU

  1. Unduh dan instal Display Driver Uninstaller (DDU) ke komputer Agan.
  2. Jalankan DDU dengan hak akses administratif.
  3. Pilih “Clean and restart” untuk membersihkan sisa-sisa driver VGA yang mungkin tertinggal dan merestart komputer Agan.
  4. Tunggu proses pembersihan selesai. Komputer Agan akan merestart secara otomatis setelah selesai.

Menginstal Driver VGA Baru (Opsional)

Jika Agan telah menyiapkan driver VGA baru sebelumnya, sekarang Agan dapat menginstalnya ke komputer Agan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka file installer driver VGA baru yang telah Agan unduh sebelumnya.
  • Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar. Pastikan untuk memilih opsi “Custom” atau “Advanced” agar Agan dapat memilih komponen yang ingin diinstal dan menghindari instalasi software yang tidak diinginkan.
  • Setelah instalasi selesai, restart komputer Agan untuk mengaktifkan driver VGA baru.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap cara uninstall driver VGA sampai bersih. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Agan dapat menghapus driver VGA yang tidak diperlukan atau yang sudah usang dari komputer Agan dan menjaga performa komputer Agan tetap optimal. Pastikan untuk selalu membuat pemulihan sistem sebelum melakukan penghapusan driver VGA, dan membersihkan sisa-sisa driver yang mungkin tertinggal setelah uninstall. Jika Agan ingin mengganti driver VGA dengan yang baru, pastikan untuk menyiapkan driver VGA baru sebelumnya dan menginstalnya sesuai petunjuk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Agan sebagai seorang pengguna komputer yang ingin menjaga kinerja komputer Agan tetap optimal. Terima kasih telah membaca!

Iklan




About Isamu Akira 131 Articles
Hallo, nama saya Isamu Akira, seorang penulis di Ilmusolusi.com. Saya memiliki minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, dan senang berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan orang lain melalui tulisan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga tulisan-tulisan saya di Ilmusolusi.com dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*