TechnologyWebsite

Cara Download, Daftar dan Cek Sertifikat Vaksin

Cara Mudah Daftar Pedulilindungi , Cek & Download Sertifikat Vaksin

Cara Download, Daftar dan Cek Sertifikat Vaksin – Pemerintah saat ini telah memutuskan sebuah aturan bahwa sertifikat vaksin Covid-19 akan menjadi syarat untuk bisa mengakses berbagai fasilitas public, khususnya selama masa berlangsungnya pandemi Covid-19 ini.

Bahkan, Selama diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, sertifikat vaksin telah menjadi syarat administrasi perjalanan baik di dalam maupun ke luar negeri.

Di beberapa daerah bahkan menjadikan Sertifikat vaksin sebagai syarat untuk bisa masuk ke berbagai pusat perbelanjaan ataupun mall di berbagai kota. Contohnya yaitu di Lippo Mall Puri Kembangan Jakarta Barat, pusat perbelanjaan ini sudah mulai mensosialisasikan kepada para pengunjungnya untuk menunjukkan bukti sertifikat vaksin, sebelum para pengunjungnya masuk area mall.

Cara Daftar dan Cek Sertifikat Vaksin

Cara Cek Sertifikat vaksin Covid-19

Sertifikat bukti vaksin Covid-19 hanya akan dimiliki oleh orang-orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama ataupun dosis yang kedua. Untuk bisa mengetahui status vaksinasi seseorang, anda bisa mengakses laman di website Pedulilindungi.id. dengan cara sebagai berikut:

Akseslah halaman situs https://pedulilindungi.id/, kemudian masuk ke (https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat) Isilah Nama Lengkap anda, Nomor Induk Kependudukan anda atau NIK, Tanggal Lahir, Tanggal Vaksin dan Jenis Vaksin lalu Centanglah kolom “I’m not a robot“. Berikutnya, silahkan anda klik “Periksa“. Status riwayat vaksinasi anda akan muncul, Selain informasi status data vaksinasi seseorang, di halaman tersebut ada juga informasi yang berkaitan dengan lokasi pelaksanaan vaksinasi kedua anda, serta riwayat semua hasil tes PCR dan juga antigen yang sudah pernah anda jalani.

Cara Daftar dan Cek Sertifikat Vaksin
cek sertifikat

Ketika anda telah menerima semua dosis lengkap satu dan dua dari vaksinasi Covid-19, maka anda akan mendapatkan sertifikat sebanyak dua lembar untuk masing-masing dosis. Sertifikat anda dapat berupa sertifikat fisik (berbentuk kartu) maupun sertifikat nonfisik (sertifikat digital).

Cara “Download” Sertifikat Vaksin

Ada tiga cara untuk bisa “Download” bukti sertifikat vaksin, yaitu:

1. Cara “Download” Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Jika anda sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis satu maupun dosis dua Covid-19, maka anda akan mendapatkan SMS dari nomor call center 1199. SMS itu akan berisi nama lengkap anda, nomor NIK anda, nomor urut tiket vaksin anda, dan juga jadwal vaksinasi pada dosis kedua anda, yang lengkap dengan tanggal dan juga lokasi pemberian dosis vaksin Covid-19 anda.

Berikutnya, sebagai peserta vaksin anda juga akan menerima sebuah link untuk bisa melihat bentuk sertifikat vaksin anda secara digital. Klik link dalam pesan SMS tersebut, dan anda akan mulai “Download” sertifikat vaksin anda.

2. Cara “Download” Sertifikat Vaksin Melalui Pedulilindungi.id

Selain melalui link yang ada dalam SMS, anda juga bisa “Download” bukti sertifikat vaksin anda dari halaman website PeduliLindungi.id, berikut Ini adalah cara dan langkahnya:

  • Kunjungi dan bukalah website https://pedulilindungi.id;
  • Pilihlah “Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi“;
  • Masukkanlah nomor HP anda yang sebelumnya telah terdaftar saat anda mengikuti proses vaksinasi Covid-19.
  • Masukkanlah kode OTP yang sudah dikirim dan anda dapatkan lewat SMS;
  • Kliklah pada tombol menu “Sertifikat Vaksin“, pada sisi kiri halaman web, kemudian klik ““Download””.

Pada halaman tersebut akan Ada dua buah sertifikat vaksin yang akan bisa diunduh, baik itu sertifikat vaksin tahap pertama ataupun sertifikat vaksin tahap kedua. Semua Masyarakat boleh mengakses dan mencetak sertifikat bukti vaksin miliknya masingg-masing, sesuai kebutuhan.

3. Cara “Download” Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Selain anda bisa “Download” sertifikat vaksin melalui website, anda juga men”Download” sertifikat vaksin melalui aplikasi android Pedulilindungi, yang sudah tersedia untuk para pengguna Android dan iOS.

  • Isilah nama lengkap dan juga nomor HP anda di kolom yang sudah tersedia.
  • Sebagai Peserta vaksin, anda akan menerima sebuah kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS langsung ke nomor ponsel anda.
  • Bukalah kembali halaman pada aplikasi PeduliLindungi, lalu masukkanlah kode OTP yang baru saja anda dapatkan tersebut.
  • Setelah anda berhasil membuat sebuah akun pada aplikasi ini, maka sebagai pengguna anda akan perlu masuk ke halaman utama aplikasi ini (beranda).
  • Kliklah ikon “Profil“. Pilihlah “Sertifikat Vaksin“, lalu klik “Periksa“.
  • Isilah NIK dan juga nomor HP yang sudah anda daftarkan saat anda melaksanakan proses dalam program vaksinasi.
  • Di halaman berikutnya, akan terlihat lembar gambar sertifikat vasin dosis pertama dan juga dosis kedua.
  • Silahkan anda Klik pada salah satu gambar sertifikat untuk “Download”nya.
  • Klik tombol “Ya” untuk bisa men”Download” sertifikat bukti vaksinasi.
  • Sertifikat bukti vaksin akan langsung terunduh dan akan tersimpan dalam memori penyimpanan smartphone anda.
  • Cetaklah sertifikat tersebut jika anda membutuhkannya dalam bentuk fisik.

Cara daftar vaksinasi Covid-19

Bagi anda yang belum sama sekali melakukan vaksin Covid-19, anda akan bisa mendaftarkan diri anda melalui situs Pedulilindungi. Berikut ini cara dan langkahnya:

  1. Bukalah halaman website Pedulilindungi.id, kemudian pilih pada menu “Login/Register” yang terletak pada bagian atas pojok kanan.
  2. Pilihlah menu “Buat akun Pedulilindungi“.
  3. Lakukanlah registrasi pembuatan akun terlebih dahulu dengan cara memasukan nama lengkap anda sesuai dengan KTP, dan juga alamat email.
  4. Centanglah tombol “Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi“, lalu kemudian klik pada tombol “Daftar“. Setelah itu, Anda akan mendapatkan sebuah kode OTP, yang akan dikirimkan langsung oleh call center vaksin covid-19 melalui email ataupun SMS.
  5. Masukanlah nomor kode OTP tersebut, lalu pilihlah opsi “Verifikasi“.
  6. Kemudian setelah itu, akun anda akan terdaftar dan anda akan bisa masuk ke dashboard ataupun halaman utama pada akun anda dalam website Pedulilindungi.
  7. Kliklah pada menu “Pendaftaran Vaksinasi” yang ada pada bagian kiri tengah.
  8. Isilah semua data diri anda dengan lengkap dan benar, misalnya nama lengkap anda, NIK KTP, hari dan tanggal lahir, jenis kelamin anda, nomor ponsel, kabupaten atau kota sesuai dengan KTP anda, dan juga alamat alamat lengkap sesuai KTP anda.
  9. Klik pada opsi “Selanjutnya“.
  10. Lakukanlah proses konfirmasi mengenai data dan informasi diri anda sebagai penerima vaksin.
  11. Sebagai proses Terakhir, masukanlah kode verifikasi.
daftar peduli lindungi
daftar peduli lindungi

Sebagai sebuah catatan penting, meskipun anda sudah melakukan proses pendaftaran vaksin Covid-19, terkadang juga masih terjadi banyak kendala di lapangan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk anda berkoordinasi dengan pemerintah desa atau Kelurahan setempat, terkait pelaksanaan dan ketersediaan dosis vaksin, kondisi dan keadaan kesehatan sebagai penerima vaksin, dan lain sebagainya.

Kegunaan Sertifikat Vaksin untuk Apa Saja?

Kegunaan sertifikat vaksin berdasarkan pada Instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.53 dan no.54 tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Untuk bisa masuk mall dan juga pusat perbelanjaan lainnya;
  2. Untuk bisa masuk Supermarket dan juga hypermarket;
  3. Untuk bisa masuk di pusat Kegiatan makan/minum di restoran ataupun rumah makan, dan juga kafe meski pada ruang terbuka.
  4. Untuk bisa masuk ke Tempat wisata;
  5. Untuk bisa ikut Kompetisi sepakbola liga 1;
  6. Untuk bisa masuk ke Fasilitas olahraga;
  7. Untuk bisa menggunakan Layanan transportasi umum, (seperti kereta api, transportasi MRT, KRL, Bis TransJakarta, bandara dan pesawat, bus, dan juga kapal laut).
  8. Untuk Kegiatan perkantoran pada berbagai sector;
  9. Agar bisa mengakses Perhotelan tanpa layanan penanganan COVID;
  10. Agar bisa masuk ke Pusat kebugaran/gym

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!