Technology

Panduan Upload Vector Eps Di Shutterstock

Panduan Upload Vector Eps Di Shutterstock – Mensubmit atau mengupload file vector di situ Shutterstok sebenarnya sangat mudah. Hal ini sangat Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Akan tetapi, sebelum anda mensubmit karya gambar ke shuttersock, ada beberapa syarat dan ketentuan yang penting anda perhatikan, yaitu:

  1. Gambar vector yang anda upload haruslah unik, yaitu merupakan hasil karya anda sendiri, bukan hasil reupload dari akun orang lain.
  2. File karya vector yang anda upload tidak mengandung bitmap atau jenis file lainnya yang sejenis.
  3. File vector yang anda upload berformat EPS 8 atau versi kelanjutannya. Sangat dianjurkan agar anda mengupload file vector anda menggunakan format EPS 10. Karena sebagian creator mengatakan bahwa format ini adalah format vector yang paling cepat diterima oleh Shutterstock. Saat ini, anda tidak wajib lagi mengirimkan file vector anda dengan format JPG seperti pada tahun tahun sebelumnya.
  4. File vector yang akan anda upload mempunya ukuran minimal Megapixel, yang sama dengan ukuran vector 2000×2000 pixel persegi. Meski demikian, anda juga bisa memakai model persegi panjang.
  5. Anda langsung bisa menyisipkan file artboard anda ketika melakukan pengeditan vector, adapun untuk ukurannya bisa anda sesuaikan dengan artwork anda.
  6. File yang akan anda upload berukuran maksimal 100 mb. Jika anda melewati batas ukuran file tersebut, maka vector anda akan otomatis tertolak.
  7. Anda wajib mengisi keterangan file pada metadata vector anda, atau juga bisa juga anda mengisinya melalui EPS vector tersebut.

Perlu anda ingat bahwa kunci keberhasilan upload file vector EPS di shutterstock adalah pada ketepatan ukuran format file dan juga ukuran artboardnya.

Cara Mengatur Ukuran Artwork dan Cara Menyimpannya Dalam Format EPS

Terdapat banyak aplikasi dan juga software untuk membuat vector yang bisa anda gunakan, namun pada artikel ini akan dibahas mengenai pembuatan vector menggunakan software AI atau bisa juga dengan Adobe Illustrator.

  1. Bukalah aplikasi atau software Ai untuk pembuatan vector, anda bisa mengggunakan versi CCn ya maupun versi CS nya.
  2. Buatlah file artwork yang baru dengan mengklik File> lalu klik New. Anda juga bisa memakai menu Create New  yang ada di beranda utama aplikasi ini.
  3. Buatlah vector artwork sesuai dengan rencana anda. Dalam hal ini anda bisa menggunakan tab Art & illustration, kemudian memilih ukuran artwork yang tersedia dalam menu tersebut.
  4. Pengaturan ukuran artwork ini bisa anda lakukan melalui menu pengaturan sebelah kanan tampilan layar anda. Anda perlu memastikan bahwa file yang akan anda buat berukuran tidak kurang dari 4 Megapixel. Untuk lebih mudahnya, anda bisa memilih arwork berukuran 2100×2100 pixels, lalu klik Create.
  5. Buatlah gambar desain sesuai dengan rancangan anda dengan menggunakan berbagai tools yang ada. Anda bisa juga mencari ide gambar anda melalui beranda utama shutterstock, mrank.com, dan bahkan juga pinterest.
  6. Apabila dalam desain vector anda terdapat unsur huruf, maka anda perlu membuat outlinenya terlebih dahulu dengan mengklik huruf>Type>Create Outlines.
  7. Jika desain anda sudah selesai, maka anda perlu menyimpan hasil karya anda tersebut dengan cara mengklik menu File>Save As. Beri nama pada file tersebut dan jangan lupa untuk mengubah formatnya menjadi EPS dengan kode (*.EPS), lalu klik Save.
  8. Setelah itu, anda akan melihat munculnya window baru pada halaman Ai, ubahlah versinya ke dalam pilihan Illustrator EPS10, pilihan ini terdapat bagian atas window yang muncul. Khusus untuk pilihan Preview Format, pilihlah None. Berikutnya yaitu pastikan bahwa anda menghapus keseluruhan tanda centang yang anda lihat pada bagian bawahnya. Klik Ok jika anda telah selesai.
  9. Jika anda sudah melakukan langkah 1 hingga langkah 8 di atas, maka berarti file vector anda sudah selesai dan siap diupload ke Shutterstock anda.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca panduan ini do web shutterstock : https://support.submit.shutterstock.com/s/article/How-do-I-submit-vector-illustrations-for-review?language=en_US

Cara Upload Vector Eps Di Shutterstock

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mendaftar dan memiliki akun di Shutterstock. Adapun cara untuk mengupload vector EPS anda adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke akun Shutterstock anda.
  • Pada beranda utama akun anda, klikl ah fitur Upload Image.
  • Pilihlah Multiple Files, lalu temukan vector EPS yang akan anda upload lalu pilih Next.
  • Jangan lupa mencentang vector EPS tersebut saat selesai diupload. Berikutnya, isilah semua metadata file vector anda tersebut dengan lengkap. Khususnya pada bagian deskripsi file, kategori vector, dan juga keyword yang dibidik. Perlu anda ingat bahwa maksimal keyword yang bisa anda gunakan adalah 50 keyword.
  • Jika sudah terisi dengan baik dan benar, maka anda tinggal tekan Submit, lalu menunggu hasil review dari tim Shutterstock pada vector EPS yang anda upload.

Panduan Upload Vector Eps Di Shutterstock

Perlu anda pastikan bahwa semua data yang anda isi sesuai dengan vector anda. Baik itu deskripsinya, kategorinya, dan juga semua keyword yang anda gunakan.

Anda bisa menggunakan saran keyword dari halaman pencarian google, atau juga aplikasi keyword planner lainnya. Review vector anda biasanya akan dilakukan tidak lebih dari 24 jam. Nantinya, anda akan mendapatkan pemberitahuan, apakah vector anda diterima atau ditolak.

 

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!