TechnologyWebsite

7 List Website Microstock, Kamu Harus Tahu

Daftar List Situs Microstock

Apa Yang Di Maksud Website Microstock?

List Website Microstock Website mikrostock adalah sebuah website yang dikhususkan untuk menyediakan berbagai keperluan gambar. Situs ini sering juga disebut dengan gudang gambar, hal ini karena konten utama yang menjadi fokus mereka penyediaan gambar untuk berbagai keperluan digital.

Selain itu situs ini terdapat banyak fotografer dengan tujuan untuk menjual berbagai karya gambar yang telah mereka hasilkan. Dengan situs-situs ini photographer tersebut terfasilitasi untuk menjual karya mereka ke berbagai negara di dunia.

Ada banyak karya yang bisa anda jual pada situs mikrostock, misalnya gambar berbagai hal, foto-foto menarik, file audio, dan terkadang juga video.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai 7 list website microstock yang sangat terkenal di kalangan para creator gambar, yaitu:

1. Website Microstock Shutterstock (www.shutterstock.com)

Situs web Microstock Shutterstock
Shutterstock merupakan sebuah situs penjualan gambar yang sangat terkenal di kalangan para pembuat gambar. Shutterstock bekerja dengan cara menjadi perantara antara para pembuat gambar dengan para pelanggan dari seluruh dunia. Hasil dari penjualan gambar tersebut akan dibagi antara Shutterstock dan juga para pembuat gambar tersebut.

Situs ini dikenal membayar karya creator gambarnya dengan semestinya dan sangat memuaskan.

Meski demikian para pengguna situs ini memiliki keluhan terkait pelayanannya khususnya dalam masalah sistem pembayaran yang selalu berubah secara tidak men menentu.

2. Website Microstock Dreamstime (www.dreamstime.com)

Situs web Microstock Dreamstime
Dreamstime merupakan salah satu situs mikrostock yang juga cukup terkenal di kalangan para creator gambar, situs ini juga bahkan dikenal dengan pembayarannya yang cukup tinggi pada masing-masing karya gambar. Meski demikian, situs ini menerapkan sistem harga yang berkategori, harga gambar yang paling tinggi adalah karya gambar yang paling laris dan paling banyak dibeli dari berbagai pelanggan seluruh dunia.

Ini menandakan bahwa penghasilan anda dari situs ini akan bergantung pada besar kecilnya jumlah unduhan dan pembelian pada gambar yang anda buat.

3. Website Microstock Depositphotos (https://depositphotos.com)

Situs web Microstock Depositphotos
Situs Depositphotos adalah juga situs jual beli gambar untuk kebutuhan digital yang sangat dikenal di kalangan para creator gambar.

Namun demikian, meski sangat terkenal namun situs yang satu ini memiliki sistem perhitungan pembayaran karya gambar yang kurang menguntungkan bagi para pembuat gambar, yaitu hanya mencatat nilai unduhan foto ataupun juga langganan sepertiga dari nilai yang sebenarnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan sangat banyak pembelian ataupun unduhan pada file file gambar anda, agar anda bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai dari situs ini.

4. Website Microstock Adobestock (https://stock.adobe.com)

Situs web Microstock Adobestock
Adobestock merupakan salah satu situs microstock yang diprediksi banyak kalangan akan menguasai industri gambar digital dalam waktu beberapa tahun ke depan. Hal ini cukup beralasan karena situs ini merupakan milik sebuah perusahaan besar dalam bidang digital yaitu perusahaan Adobe.

Adobestock juga dikenal sangat adil dan sesuai dalam hal pembagian keuntungan penjualan karya gambar digital yang dijual melalui situs ini. Kontributor mendapatkan hingga 35% cari harga penjualan setiap karya apapun.

5. Situs iStock (https://www.istockphoto.com)

Situs web Microstock iStock
iStock merupakan salah satu situs mikrostock yang juga sangat terkenal di kalangan para creator gambar digital. Dibalik popularitasnya, iStock juga ternyata tergolong situs yang membayar dengan sangat rendah karya gambar digital para kontributor nya. Seorang kontributor akan mendapatkan maksimal 20% dari harga jual produk gambar digital nya, harga yang sangat kecil jika dibandingkan dengan harga dari situs lainnya yang sejenis pada karya yang sama.

Meskipun demikian untuk bisa mendapatkan persentase pembagian hasil penjualan gambar yang tinggi dari situs ini anda perlu menjadi kontributor ekslusif terlebih dahulu. Sebab, kontributor ekslusif pada situs ini akan mendapatkan hingga 70% dari harga penjualan gambar digital yang terjual.

6. Situs Canva (www.canva.com)

Situs Web Microstock Canva
Canva lebih banyak dikenal sebagai aplikasi untuk desain gambar digital dalam bentuk logo, pengeditan gambar dan foto, dan kebutuhan gambar digital lainnya. Namun saat ini, Canva juga telah mencatatkan diri sebagai salah satu situs penyedia gambar terbaik yang menjadi favorit para creator gambar digital karena harga bayarnya yang tergolong cukup tinggi. Selain itu, pembayaran pada situs ini juga bisa dilakukan ke mata uang apapun di berbagai belahan dunia, meski tentunya akan disesuaikan dengan kurs mata uang yang berlaku saat itu.

7. Situs 123RF (www.123rf.com)

Situs web Microstock 123RF
123RF, Situs mikrostock yang satu ini terbilang adalah situs yang paling kontroversial di kalangan para creator gambar digital. Hal ini karena sistem pembayarannya yang dianggap kurang sesuai serta tidak transparan kepada para kontributor nya. Jika anda bergabung dengan situs ini, anda akan menerima pembayaran yang sangat rendah untuk hasil karya karya digital anda. Meski demikian, harga tersebut akan meningkat sesuai dengan lamanya anda bergabung dengan situs ini. Hal inilah yang menjadikan banyak creator gambar digital memilih situs lainnya dibandingkan dengan situs yang satu ini.

Itulah tujuh list website mikrostock yang dikenal di kalangan para creator gambar digital. Anda bisa mencobanya satu persatu sebelum anda memilih situs mana yang cocok dengan anda dan kemampuan kreasi content digital anda.

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
error: Content is protected !!