Adobe Illustrator

Cara Mewarnai di Adobe Illustrator dengan Mudah!

Cara Mudah Mewarnai di Adobe Illustrator

Dalam dunia desain grafis, kata Adobe Illustrator pastinya tidak asing lagi. Tool yang memiliki banyak fitur menyenangkan ini, banyak digandrungi para pelaku desain. Termasuk para pemula, juga ikut mencoba untuk menggunakannya. Dan pada artikel ini, kita akan memberi pengetahuan desain khusus pemula, yakni bagaimana cara mewarnai di adobe illustrator.

cara mewarnai di adobe illustratorCara Mewarnai di Adobe Illustrator merupakan hal yang biasa dalam seni rupa. Dimana kita dituntut untuk bisa menambahkan sebuah kesan yang bisa memperindah objek seni. Semakin bagus kemampuan seni untuk memadu padankan warna, maka karya yang jelek pun akan jadi indah dan enak dilihat.

Apa Saja yang di Butuhkan dalam Mewarnai di Adobe Ilustrator?

Sebagaimana yang diketahui orang banyak, para desainer dituntut untuk menguasai palet warna, baik warna di dalam mode CMYK ataupun RGB. Selain itu, desainer grafis juga dituntut untuk memberikan manfaat disesuaikan dengan tujuan dan aspek dari suatu karya desain.

Jadi, seorang desainer grafis bukan hanya dituntunt untuk membuat desain secara manual, tapi juga secara digital. Proses tersebut memerlukan perangkat elektronik berupa komputer, atau laptop, atau perangkat pendukung lain.

Tak hanya hardware yang menunjang, desainer juga perlu mempunyai program desain grafis, seperti corel draw, photoshop, dan Adobe illustrator, dan software desain lainnya. Namun para desainer grafis, umumnya hanya menggunakan 2 software yang umum dipakai, yakni corel draw dan adobe illustrator.

Dan di dalam postingan ini, kita akan membahas salah satu dari software tersebut, yakni adobe illustrator. Adobe Illustrator (Ai) sendiri adalah aplikasi editor desain grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe, dan aplikasi ini sangat populer di kalangan desainer grafis.

Pada Adobe Illustrator versi terbaru, banyak fitur-fitur yang tidak akan ditemukan di adobe Illustrator versi sebelumnya. Maka dari itu, bila user ingin memakai adobe Illustrator dengan fitur terlengkap, pengguna dianjurkan untuk menginstall adobe Illustrator versi terbaru dan ter-update.

Adobe mulai mengembangkan Illustrator pada tahun 1985. Meski mulai dikembangkan sejak tahun 1985, tapi Illustrator baru resmi dirilis pada Januari 1987. Dan seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita akan belajarcara mewarnai di adobe illustrator.

Cara Mewarnai di Adobe Illustrator dengan Mudah! Hasil Memuaskan!

Sebenarnya cara ini mudah, dan pastinya sudah banyak yang tahu, terutama bagi mereka yang terbiasa memakai software ini. Tapi bagi pemula, tentu akan terus mencari tahu bagaimana tipsnya. Dan berikut ini caranya:

Cara 1

Buka Adobe Illustrator, pilih objek yang akan diwarnai dengan Selection tool, lalu klik kiri pada pallet color swatches (jika belum aktif, aktifkan dulu  di Windows ≫ Swatches).

Cara 2

  • Buka Adobe Illustrator, pilih objek yang akan diwarnai.
  • Setelah itu, seleksi semua objek dengan Selection Tool.
  • Grub objek, (Sebelumnya, pastikan objek mempunyai path yang tertutup, sehingga warna tidak bocor)
  • Lalu langsung tekan (K) di keyboard untuk beralih ke Live Paint Bucket Tool.
  • Klik objek tadi dengan Live Paint Bucket Tool. Live paint grup akan terbuat, kita tinggal mewarnai dengan cara klik area yang ada, biasanya border merah. Teknik pewarnaan ini sama seperti di software paint.

Cara 3

Cara ketiga melaluimenu Edit Colors, cocok untuk mengubah objak yang mau diwarnai dengan cepat. Caranya seperti berikut:

  • Buka Adobe Illustrator, pilih menu Edit ≫ Edit Colors ≫ Adjust Color Balance.
  • Kamu Tinggal Tarik slider RGB, dan jangan lupa aktifkan live preview agar terlihat efeknya.
  • Kamu juga bisa menggunakan menu Recolor Artwork, namun harus memilih 1-1 warna yang akan diganti.

Itulah beberapa tips mudah mewarnai di Adobe Illustrator. Semoga info di atas bermanfaat, dan menambah pengetahuan. Selamat mencoba!

Untuk Lebih Jelasnya, kamu bisa tonton video berikut :

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!