Adobe Illustrator

Tutorial Mirror Tool: Cara Menggunakan Fitur Mirror pada Adobe Illustrator

Mirror pada Adobe Illustrator – Sebenarnya pembahasan ini sudah pernah saya buat di artikel : Cara Menggambar Mirror di Adobe Illustrator, namun ini hanya versi cara lain buat agan jika ingin menggambar dengan mirror tool di Adobe illustrator.

Pada Adobe Illustrator, mirror tool merupakan salah satu fitur yang dapat membantu kita dalam proses desain. Dengan menggunakan mirror tool, kita dapat dengan mudah membuat refleksi atau cerminan dari sebuah objek atau bentuk yang telah kita buat. Ini sangat berguna untuk menciptakan variasi dan komposisi yang lebih kompleks dalam desain kita.

Untuk menggunakan mirror tool, pertama-tama kita perlu membuat sebuah objek atau bentuk yang ingin kita cerminkan. Kemudian, pilih mirror tool yang terletak di toolbar sebelah kanan. Setelah itu, klik dan tahan tombol mouse sambil menggeser ke arah yang diinginkan untuk membuat refleksi. Bila kita ingin mengubah arah refleksi yang telah dibuat, kita dapat menggunakan tombol “R” pada keyboard untuk memutar objek refleksi tersebut.

Selain itu, ada beberapa opsi yang dapat kita gunakan untuk memodifikasi hasil refleksi yang telah kita buat. Pilih objek refleksi yang telah dibuat, kemudian klik kanan dan pilih “Transform > Reflect”. Di jendela yang muncul, kita dapat memilih arah refleksi yang diinginkan, serta mengaktifkan atau menonaktifkan opsi “Copy” untuk menentukan apakah objek refleksi tersebut akan dibuat sebagai objek baru atau merubah objek aslinya.

Mirror tool juga dapat digunakan untuk membuat refleksi terhadap garis atau sumbu yang telah kita tentukan. Caranya, pilih objek yang ingin kita cerminkan, kemudian klik kanan dan pilih “Transform > Reflect”. Di jendela yang muncul, pilih opsi “Axis” pada menu “Type”, kemudian tentukan garis atau sumbu yang akan menjadi patokan refleksi. Selain itu, kita juga dapat mengaktifkan opsi “Copy” untuk membuat objek refleksi sebagai objek baru.

Itulah tutorial singkat mengenai cara menggunakan mirror tool pada Adobe Illustrator. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kita dalam proses desain.

Mirror pada Adobe Illustrator: Tips dan trik dalam menggunakan mirror tool untuk menciptakan variasi dan komposisi yang lebih kompleks dalam desain.

Berikut ini beberapa tips dan trik dalam menggunakan mirror tool untuk menciptakan variasi dan komposisi yang lebih kompleks dalam desain:

  • Gunakan mirror tool bersama dengan fitur rotate (putar) untuk menciptakan pola yang lebih kompleks. Misalnya, kita dapat membuat refleksi terhadap sumbu yang telah ditentukan, kemudian memutar refleksi tersebut sesuai keinginan untuk menciptakan pola yang lebih rumit.
  • Gunakan mirror tool bersama dengan fitur blend (campur) untuk menciptakan transisi yang halus antara dua objek. Pilih kedua objek yang ingin dicampur, kemudian klik kanan dan pilih “Blend > Make”. Setelah itu, pilih objek hasil blend tersebut, kemudian klik kanan dan pilih “Transform > Reflect”. Dengan demikian, kita dapat membuat refleksi dari hasil blend tersebut dengan mudah.
  • Gunakan mirror tool bersama dengan fitur Pathfinder (pemeta jalan) untuk menciptakan bentuk yang lebih kompleks. Misalnya, kita dapat membuat refleksi terhadap sebuah bentuk, kemudian menggabungkan refleksi tersebut dengan bentuk aslinya menggunakan fitur Pathfinder.
  • Gunakan mirror tool bersama dengan fitur gradient (gradien) untuk menciptakan efek kontras yang lebih kuat. Pilih objek yang ingin diberi gradien, kemudian klik kanan dan pilih “Fill > Gradient”. Setelah itu, pilih objek hasil gradien tersebut, kemudian klik kanan dan pilih “Transform > Reflect”. Dengan demikian, kita dapat membuat refleksi dari objek yang telah diberi gradien dengan mudah.

Dengan menggunakan beberapa tips dan trik di atas, kita dapat dengan mudah menciptakan variasi dan komposisi yang lebih kompleks dalam desain menggunakan fitur mirror tool pada Adobe Illustrator.

Maz Akira

Aku bukan Superman. Jadi takkan bicara besar seperti mau melindungi manusia di dunia. Tapi aku juga bukan manusia rendah yang bisa bilang ‘melindungi orang semampuku saja sudah cukup. Aku ingin melindungi orang sebanyak-banyaknya’

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!