Menggambar Rambut di Adobe Illustrator



Menggambar Rambut di Adobe Illustrator

Menggambar rambut di Adobe Illustrator merupakan salah satu teknik yang sering digunakan dalam pembuatan desain grafis, terutama untuk ilustrasi karakter. Ada beberapa cara untuk menggambar rambut vektor di Adobe Illustrator, dan pada artikel ini, saya akan membahas dua cara yang umum digunakan, yaitu menggunakan brushes dan trace rambut dari gambar.

Jika Agan ingin menggambar rambut dari awal menggunakan kuas, sangat disarankan untuk menggunakan tablet grafis karena sulit untuk menggambar dengan mouse atau trackpad.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kedua cara menggambar rambut, serta cara membuat kuas rambut di Adobe Illustrator.

Catatan: Semua tangkapan layar dari tutorial ini diambil dari versi Adobe Illustrator CC Mac. Versi Windows atau lainnya dapat terlihat berbeda.

CARA 1: Menggambar Rambut Menggunakan Brush

Secara teknis, Agan bisa menggunakan berbagai jenis kuas untuk menggambar rambut di Adobe Illustrator, tergantung pada gaya ilustrasi yang Agan inginkan. Misalnya, jika Agan membuat rambut untuk ilustrasi kartun atau gambar garis yang sederhana, jenis kuas yang sudah ada bisa digunakan.

Namun, jika Agan ingin membuat kuas rambut yang lebih realistis, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Membuat Brush Rambut di Adobe Illustrator

Langkah 1: Pilih Ellipse Tool (shortcut keyboard L) dari toolbar. Klik dan tarik pada artboard untuk membuat bentuk elips yang sangat tipis seperti ini.

Cara Membuat Brush Rambut di Adobe Illustrator

Catatan: Semakin tipis bentuk elips yang Agan buat, maka garis akan semakin halus. Jika Agan ingin menggambar rambut yang lebih tebal, silakan buat bentuk elips agak lebih tebal.

Langkah 2: Hapus warna Stroke dan jika elipsmu tidak berwarna hitam, ubah warna Fill menjadi hitam.

Langkah selanjutnya adalah mengonversi bentuk menjadi kuas.

Langkah 3: Buka panel Brushes dari menu atas Window > Brushes. Pilih elips yang baru saja Agan buat, pergi ke panel Brushes, dan klik New Brush.

draw-hair
Select Art Brush and click OK.
Membuat Brush Rambut
Langkah ini akan membuka jendela brush setting, di mana Agan dapat mengubah irection, scale option, and colorization of the brush. Untuk saat ini, Agan tidak perlu mengubah apa-apa. Cukup gunakan pengaturan default, dan ubah nama Brush agar mudah ditemukan. Sebagai contoh, saya memberi nama Brush saya: Hair Brush 1.
Membuat Brush Rambut2
Setelah pengaturan selesai, klik OK dan Agan akan melihat Brushnya di panel Brush.
Membuat Brush Rambut
Sekarang Agan dapat menggunakannya untuk menggambar rambut di Adobe Illustrator!

Jika Agan tidak ingin membuat Brush sendiri di Illustrator, Agan juga bisa mendownload Brush rambut secara online. Kebanyakan Brush rambut untuk Photoshop, jadi saya pikir lebih cepat untuk membuat Brush rambut sendiri daripada mencari yang sudah ada.

Langkah 4: Pilih alat Brush pada toolbar atau aktifkan dengan menggunakan pintasan keyboard B, pilih Brush yang baru saja Agan buat, dan mulai menggambar rambut!
Membuat Brush Rambut
Tergantung gaya ilustrasi Agan, Agan dapat mengubah ukuran Brush sesuai dengan hasil yang Agan inginkan.
Membuat Brush Rambut
Jika Agan ingin menggambar rambut lurus atau rambut keriting/bergelombang untuk ilustrasi garis, ini adalah metode yang bisa digunakan. Namun, jika Agan ingin membuat tampilan yang lebih kartun, lihat metode di bawah ini.

Cara 2: Menggambar Rambut Menggunakan Pen Tool

Agan juga dapat menggambar rambut dari awal, tetapi saya menyarankan untuk mencari gambar sebagai referensi untuk ditelusuri, setidaknya bentuk garis luar rambut. Setelah Agan memiliki gambar, mari kita masuk ke langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Letakkan gambar di Adobe Illustrator, kurangi opasitasnya hingga Agan masih dapat melihat dengan jelas garis luar rambut, dan kunci Layer gambar. Sebagai contoh, saya akan menggunakan gambar ini: Menggambar Rambut Menggunakan Pen ToolLangkah 2: Buat Layer baru untuk garis luar rambut. Saya menyarankan untuk menggambar di layer yang berbeda terutama untuk Shadow dan Highlight rambut agar Agan tidak secara tidak sengaja memodifikasi sesuatu.Menggambar Rambut Menggunakan Pen Tool

Langkah 3: Klik pada Layer garis luar rambut, pilih Pen tool (keyboard shortcut P) dari toolbar, pilih warna stroke, buang Fill Color, dan Trace garis luar rambut. Pastikan Agan menghubungkan titik anchor pertama dan terakhir sehingga Agan dapat dengan mudah mengisi warna.

Jika Agan tidak terbiasa dengan Pen Tool, jangan ragu untuk melihat tutorial Pen Tool saya untuk panduan terperinci tentang cara menggunakan Pen Tool di Adobe Illustrator.

Menggambar Rambut Menggunakan Pen ToolGaris luar tidak perlu persis sama dengan gambar dan jujur saja, hampir tidak mungkin menghindari beberapa rambut yang samar.

Setelah Agan menutup jalur Pen Tool, Agan dapat menambahkan warna isi untuk melihat bagaimana tampilannya, jika Agan ingin menggunakan warna yang serupa dengan gambar asli, Agan dapat menggunakan Eyedropper tool untuk mencoba warna.

Menggambar Rambut Menggunakan Pen Tool

Langkah 4: Buka panel Layers, pilih Layer garis luar rambut, klik ikon mata untuk menyembunyikan Layer ini, dan kemudian kunci Layer dengan mengklik ikon kunci.

menggambar rambutLangkah 5: Pilih Layer Shadow, pilih Pen Tool, dan gambar garis luar bayangan (area yang lebih gelap) dari rambut.

menggambar rambutAgan dapat menggunakan Eyedropper tool untuk mencoba area yang lebih gelap dari rambut dari gambar atau memilih warna sendiri. Warna harus memiliki nada yang sama atau mirip dengan warna dasar rambut. Jika Agan menampilkan Layer garis luar rambut, Agan dapat melihat warna.

menggambar rambutIkuti langkah 4 lagi untuk menyembunyikan dan mengunci Layer ini.

Jika rambut memiliki bayangan yang berbeda, Agan dapat menambahkan Layer bayangan lain, menggunakan Pen tool untuk menggambar garis luar bayangan, dan mencoba warna lagi.

Langkah 6: Pilih Layer sorotan, dan gunakan Pen tool untuk menggambar garis luar area yang disorot dari rambut.

menggambar rambut

Ikuti langkah yang sama di atas untuk mengisinya dengan warna. Setelah Agan menggambar garis luar semua area, Agan dapat menampilkan semua Layer untuk melihat hasil akhir.

menggambar rambutJangan ragu untuk menggunakan kuas untuk menambahkan detail lebih pada rambut. Ini akan memberikan hasil yang lebih realistis dan menarik.

Kesimpulan

Ketika Agan bekerja dengan ilustrasi rambut di Adobe Illustrator, penting untuk mempertimbangkan gaya ilustrasi yang ingin Agan buat. Jika Agan ingin membuat ilustrasi dengan garis yang jelas, maka penggunaan kuas dapat memberikan hasil yang lebih baik. Sebaliknya, jika Agan ingin mengisi rambut dengan warna, metode Pen Tool dapat menjadi pilihan yang lebih mudah dan efisien.

Sangat disarankan untuk menggunakan referensi gambar ketika membuat ilustrasi rambut, terutama jika Agan baru memulai. Referensi gambar dapat membantu Agan dalam menggambar garis luar dan memilih warna yang sesuai dengan gaya rambut yang ingin Agan buat.

Ketika menggunakan metode kuas, Agan harus mencoba berbagai ukuran dan bentuk kuas untuk menemukan yang paling cocok dengan gaya ilustrasi Agan. Sedangkan pada metode Pen Tool, perlu latihan dan keterampilan untuk menggambar dengan tepat menggunakan alat tersebut.

Ketika bekerja pada ilustrasi rambut, penting untuk membuat setiap elemen pada lapisan terpisah untuk menghindari modifikasi yang tidak disengaja. Hal ini juga memudahkan Agan untuk mengedit setiap elemen secara terpisah.

Kesimpulannya, tergantung pada gaya ilustrasi yang Agan inginkan, Agan dapat memilih untuk menggunakan metode kuas atau Pen Tool atau bahkan kombinasi dari keduanya. Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas dan berlatih dengan konsisten, Agan dapat menghasilkan ilustrasi rambut yang menakjubkan di Adobe Illustrator.


Iklan




About Isamu Akira 130 Articles
Hallo, nama saya Isamu Akira, seorang penulis di Ilmusolusi.com. Saya memiliki minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, dan senang berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan orang lain melalui tulisan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga tulisan-tulisan saya di Ilmusolusi.com dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*